Samsung -IGI Makassar Perluaa Manfaat Samsung Smart Learning Class

Berbagi Berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA.Sribernews.com–PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.

Sejak 2017, Samsung berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI), meresmikan Samsung Smart Learning Class (SSLC), sebuah ruang kelas berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), sebagai wadah untuk memberikan pelatihan penggunaan gadget dan teknologi bagi para guru anggota IGI dan mendorong kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif.

Kini, SSLC di IGI Makassar juga digunakan sebagai ruang sekolah berkonsep paperless school bernama Ranu Harapan Islamic School (RHIS) yang didirikan atas inisiatif pengurus IGI Makassar.

Kang HyunLee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia, mengatakan, sejak diresmikan pada tahun 2017, SSLC di IGI Makassar dan program-programnya telah memfasilitasi pelatihan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan mengajar yang diikuti oleh lebih dari 800 guru di Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Ribuan Pengemudi Ojol Desak Nurhayati Monoarfa Cabut Pernyataan

“Kami menyambut baik inisiatif pengurus IGI yang memperluas fungsi Samsung Smart Learning Class (SSLC) di IGI Makassar menjadi sekolah Ranu Harapan Islamic School,” katanya .

Menurut dia, hal ini memang sesuai dengan harapan bahwa SSLC dapat bermanfaat luas untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, di mana teknologi dimanfaatkan sebagai fasilitas untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih kreatif dan menarik terutama bagi para siswa. Para guru memanfaatkan fasilitas SSLC dan mengikuti pelatihan setiap akhir pekan dengan jadwal yang sudah ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi maupun IGI Makassar selaku pengelola SSLC.

Baca Juga:  Viralkan Aib yang Rugikan Masyarakat

Selain itu, para guru juga sudah mulai terbiasa membuat video untuk menyampaikan materi pembelajaran mereka sehingga lebih interaktif dan membuat murid lebih semangat mengikuti proses belajar di kelas.

Agar manfaat SSLC maksimal, pada Senin sampai Jumat, kelas digunakan untuk kegiatan belajar mengajar RHIS. Dikembangkan dengan konsep paperless school, RHIS menjalankan kegiatan pembelajarannya tanpa menggunakan kertas, spidol, maupun pinsil, namun menggunakan perangkat standar untuk kelas berbasis ICT.

Muhammad Ramli Rahim, Ketua Dewan Pembina RHIS Makassar, mengatakan saat tahun 2017 menerima bantuan fasilitas Samsung Smart Learning Class, pihaknya sangat senang karena merasa optimis kemampuan mengajar akan makin berkembang, terutama dengan penggunaan gadget dan teknologi. (Hers)