Pemprov DKI TampungTerlantar Akibat Corona

Berbagi Berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA.SRIBERNEWS–Pemprov DKI menampung para warga yang kehilangan tempat tinggal karena terdampak pandemi Covid 19.

Mereka yang semula tidur di emperan toko di kawasan Tanah Abang kini menetap sementara di GOR Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat Sabtu (25/4/2020).

Petugas kemudian membawa mereka ke GOR.

Camat Tanah Abang Yassin Passaribu menjelaskan pihaknya menyisir lokasi Pasar Tanah Abang untuk menjaring warga yang kehilangan tempat tinggal akibat pandemi dan gelandangan yang biasa beraktivitas di pinggir jalan.

Sebelumnya viral video yang memberitakan adanya warga yang terpaksa tinggal di emperan toko di kawasan Tanah Abang Jakpus karena terdampak Covid 19.

Baca Juga:  MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Mereka tidak lagi memiliki penghasilan untuk membayar sewa kontrakan atau indekost.

Salah satunya adalah Reza, bekas karyawan toko yang sudah hampir satu bulan tidur di trotoar Pasar Tanah Abang.

“Saya pedagang ikut orang juga di Kota Tua dagang jilbab gitu, karena keadaan corona ini juga pengunjung kurang dan juga peraturan dari pemerintah juga toko enggak boleh buka, ya sudah tutup,” ujarnya dalam wawancara yang disiarkan Kompas TV, Kamis (23/4/2020).

Dia terpaksa menggelandang karena tidak lagi mampu membayar indekost semenjak tempat kerjanya tutup akibat mewabahnya Covid 19.

“Namanya kosan enggak tahu menahu, namanya perut mau corona mau enggak perut harus makan, tempat tinggal harus dibayar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Srihadi Soedarsono akan Gelar Pameran Tunggal

Sementara itu, Fahmi yang juga tidur di emperan mengaku terpaksa tidur di pinggir jalan karena kehabisan uang untuk menyewa Indekost.

Fahmi sempat bekerja di pusat perbelanjaan kawasan Blok M. Sampai akhirnya diberhentikan akibat mall dan kios tidak boleh beroperasi.

“Kan diperpanjang diperpanjang lagi sama pemerintah, toko di Blok M pada tutup

Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu mengklaim, para tunawisma yang tinggal di GOR Karet Tengsin Tanah Abang rata-rata bukan warga DKI Jakarta.

Mereka kebanyakan berasal dari luar daerah.

Keberadaan para mantan karyawan yang terpaksa menjadi tunawisma ini menimbulkan simpati banyak pihak. Sebagian datang membawa makanan untuk mereka. DBS