Dompet Dhuafa Ajak Media dan Blogger Tebar Hewan Kurban

Subang, Sribernews – Dompet Dhuafa (DD) kembali mengajak para media dan blogger nasional untuk mengunjungi Klaster Terpadu Indonesia Berdaya (KTIB), di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Keterlibatan para insan media ini agar mengetahui aktivitas para masyarakat. Hal tersebut untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia. Makanya DD merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru. Sebagai langkah awal menggulirkan program Tebar Hewan Kurban (THK) di 2018 dari DD.

“Dengan mengajak para perwakilan media dan blogger, kami ingin mengajak masyarakat untuk turut membantu memberdayakan peternak lokal yang berada dalam mitra Dompet Dhuafa. Konsep dasar tebar hewan kurban itu sendiri dalam Mengembangkan pola – pola kerja sama kemitraan dengan peternak pemberdayaan,” ujar Direktur Mobilisasi ZIS DD Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Sribernews.com.

Kedepannya, lanjut Bambang, Dompet Dhuafa akan memikirkan agar memiliki sentral produksi sendiri dimana berbasis pemberdayaan permanen yg terus dipertahankan dan mampu mensuplai tuntutan permintaan kurban di Indonesia baik jumlah volume ekor yang banyak maupun bobot dan kualitas fisik dari hewan kurban tersebut.

Hewan kurban yang disediakan melalui THK telah sesuai dengan standar mutu yang teruji. Semua hewan kurban dipastikan tidak cacat, sehat dan berbobot ideal. Untuk domba dan kambing biasanya berat berkisar antara 25-39 kilogram, sementara sapi 250-300 kilogram.

Selain itu dipotong dengan cara yang sesuai prinsip syariah serta didistribusikan secara tepat sasaran. Berkurban melalui DD juga turut menyejahterakan kehidupan sesama yang berprofesi sebagai peternak.

Hewan-hewan berkualitas tersebut diambil hanya dari peternak lokal binaan yang tergabung dalam program ekonomi DD “Kampung Ternak Nusantara atau KTN”.

KTIB adalah salah satu dari program Wakaf Produktif DD dalam bidang ekonomi dan pemberdayaan petani. Program ini berada di atas lahan seluas 10 Ha tertanam berbagai jenis buah-buahan seperti buah naga, nanas, pepaya, jambu Kristal.

Selain itu juga terdapat peternakan domba program kampung ternak sendiri yang merupakan salah satu program DD untuk memberdayakan masyarakat dhuafa menjadi peternak.

Dompet Dhuafa turut memberikan pelatihan dan penyuluhan soal cara beternak kambing Terdapat 250 ekor kambing.

Menurut Ketua mitra KTIB Ade, program THK membantu perekonomian keluarganya. Sebab, program ini adalah kelanjutan program pembinaan dan pendampingan peternak KTN yang dilakukan DD.

Menjawab panggilan zaman, DD mengajak kita untuk ikut berbagi membentang kebaikan hingga pelosok Indonesia dengan kurban melalui program THK menargetkan hewan kurban sebanyak 25.000 ekor dengan sebaran di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Melalui program THK telah menjangkau beberapa negara sahabat seperti Somalia, Palestina, Suriah, Timor Leste, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Kenya dan Bangladesh.

DD dengan usia 25 tahun mencoba untuk terus tegak dengan menghadapi tantangan tersebut. Program-program unggulan, salah satunya program THK akan menjadi titik balik dalam membantu peningkatan taraf hidup masyarakat yang adil dan sejahtera. (Pop)

Baca juga:

Dompet Dhuafa Segera Terjunkan Tim Kesehatan ke Lombok

Redaksi Sribernews

Next Post

Dompet Dhuafa Beri Pelatihan Warga Subang dengan 250 Ekor Kambing

Tue Aug 7 , 2018
Subang, Sribernews – Lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia, Dompet Dhuafa (DD) memberikan pelatihan dan penyuluhan soal cara beternak kambing. Kambing yang menunjang kegiatan itu sekitar 250 ekor. Pelatihan tersebut merupakan salah satu program DD di Klaster Terpadu Indonesia Berdaya (KTIB), di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Jawa Barat. Ini Sebagai […]