Raja Mohammed VI dan Raja Felipe VI Tandatangani Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Rabat – Raja Maroko Muhammed VI, didampingi oleh Putra Mahkota Moulay El Hassan dan Pangeran Moulay Rachid, dan Raja Spanyol Felipe VI dari Spanyol mengadakan upacara penandatanganan sebelas perjanjian kerja sama di beberapa daerah.

Perjanjian yang diadakan di Rabat, Maroko pada Rabu (13/2/2018) yang dimaksudkan untuk memberikan dorongan baru untuk kerja sama antara kedua negara, mencerminkan kedalaman dan kualitas hubungan bilateral, serta kemauan kedua Raja tersebut.

Ini untuk memperkuat kemitraan strategis multidimensi antara dua negara tetangga dan negara sahabat.

Kesepakatan pertama adalah Nota Kesepahaman tentang kemitraan strategis multidimensi antara Kerajaan Maroko dan Kerajaan Spanyol.

Hal tersebut ditandatangani oleh Nasser Bourita, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, dan Josep Borrell Fontelles, Menteri Luar Negeri Spanyol, Uni Eropa dan Kerjasama.

Kedua menteri juga menandatangani perjanjian kedua, sebuah protokol yang berkaitan dengan sumbangan yang tidak dapat dibatalkan dari Gran Teatro Cervantes dari Tangier.

Perjanjian ketiga adalah kerja sama dalam perang melawan kejahatan. Itu ditandatangani oleh menteri dalam negeri dari kedua negara, Abdelouafi Laftit dan Fernando Grande-Marlaska Gomez.

Perjanjian ke-4 adalah Nota Kesepahaman tentang pengaturan kemitraan strategis energi, yang ditandatangani oleh Aziz Rebbah, Menteri Energi, Pertambangan dan Pembangunan Berkelanjutan, dan José Dominguez Abascal, Sekretaris Negara Spanyol untuk Energi.

Kedua pejabat juga menandatangani perjanjian ke-5, yang merupakan Nota Kesepahaman tentang pengembangan interkoneksi listrik ketiga antara kedua negara.

Kesepakatan ke-6 adalah Nota Kesepahaman antara Yayasan Nasional Museum Maroko dan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Spanyol untuk kerja sama dalam museum.

Hal Itu ditandatangani oleh Mehdi Qotbi, Presiden Yayasan Nasional Museum Maroko, dan José Guirao Cabrera, Menteri Kebudayaan dan Olahraga Spanyol.

Perjanjian ke-7 adalah Nota Kesepahaman antara Yayasan Museum Nasional dan Museum Seni Nasional Reina Sofía (Spanyol), untuk penyelenggaraan pameran di Madrid. Itu ditandatangani oleh Mehdi Qotbi dan José Guirao Cabrera.

Kesepakatan ke-8 adalah Nota Kesepahaman antara Arsip Kerajaan Maroko dan Warisan Nasional Kerajaan Spanyol, untuk organisasi di Istana Kerajaan di Madrid dari sebuah pameran tentang koleksi kerajaan kedua negara.

Itu ditandatangani oleh Bahija Simou, Direktur Arsip Kerajaan dan Alfredo Pérez de Arminan, presiden Dewan Direksi Warisan Nasional Spanyol.

Kesepakatan ke-9 adalah nota kolaborasi lanjutan untuk implementasi fasilitasi arus perdagangan dan penumpang di Selat Gibraltar. Hal itu ditandatangani oleh Fouad Brini, Ketua Dewan Otoritas Pelabuhan Tanger Med dan Manuel Moron Ledro, Presiden pelabuhan otoritas Teluk Algeciras.

Perjanjian ke-10 adalah Nota Kesepahaman antara maskapai berbendera Maroko Royal Air Maroc (RAM) dan IBERIA Airlines. Itu ditandatangani oleh Abdelhamid Addou, CEO RAM, dan Luis Gallego, CEO IBERIA.

Perjanjian kesebelas adalah Nota Kesepahaman tentang bantuan dan kerja sama timbal balik antara Otoritas Pasar Modal Maroko (AMMC) dan Komisi Pasar Sekuritas Nasional Spanyol (CNMV). Itu ditandatangani oleh Nezha Hayat, Ketua AMMC dan Sebastian Albella Amigo, Ketua CNMV.

Upacara penandatanganan perjanjian ini juga berlangsung di hadapan Kepala Pemerintahan, Pembicara dari dua Gedung Parlemen, Penasihat HM Raja, anggota Pemerintah, serta delegasi resmi yang menyertai Raja Felipe VI. (Popi)

 

Redaksi Sribernews

Next Post

Mitsui Outlet Park Tawarkan Harga Belanja Terjangkau di Jepang

Thu Feb 14 , 2019
JAKARTA, Sribernews.com – Mitsui Fudosan Retail Management Co., Ltd. +, pengelola sekitar 70 fasilitas dan brand komersial di seluruh Jepang, memperkenalkan berbagai informasi shopping yang sangat menarik bagi wisatawan Indonesia ke Jepang di Jakarta, Kamis (14/2/2019). Brand fasilitas komersial itu mulai dari fasilitas komersial besar di area luar perkotaan bernama […]