Gunung Tangkuban Perahu Erupsi Hingga 200 Meter

BANDUNGBARAT.SRIBERNEWS.COM–Gunung Tangkuban Perahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami erupsi pada pukul pukul 15.48 WIB, Jumat (26 /7 2019).

Asap erupsi terpantau melebar ke area timur, utara, dan selatan. Erupsi sempat menimbulkan ketakutan para pengunjung dan warga ayng berada di sekitar gunung.
Mereka berlarian turun. Beberapa pengendara sepeda motor tampak tergesa-gesa turun.
Asap erupsi sempat menutupi kendaraan yang ada baik di bagian atas maupun ke bawah kawasan gunung.

Kepala Bagian Humas Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana (PVMBG), Titan Roskusumah mengatakan tim khusus telah menuju lokasi untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Tinggi kolom letusan sekitar 200 meter.

Titan menerangkan, proses erupsi di kawasan tersebut terus terjadi. “Erupsi masih berlangsung. Kegempaan saat ini berupa tremor menerus dengan amplitudo semakin menurun,” ujarnya.

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat.

Sekitar 20 kilometer ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

Bentuk gunung yang menjadi salah stau kawasan wisata pada pengunjung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.

Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Akses menuju gunung ini tidaklah sulit. Jalan menuju gunung ini cukup bagus, dan pengunjung dapat melihat gunung denagn sangat jelas,
bahkan kawah gunung dapat dilihat pengunjung dari kawasan tertinggi.

Tersedia banyak kendaraan menuju ke sana. Kawasan kawah dengan belerang yang tanpak dari atas merupakan pemandangan indah. (GIF)

Next Post

Bintang ‘Gundala’ Sapa Heboh di MRT Dukuh Atas

Sat Jul 27 , 2019
JAKARTA, SRIBERNEWS.COM – Sederet bintang film Abimana Aryasatya, Hannah Al […]