ABAC Dorong Peran Perempuan dan Kewirausahaan

JAKARTA.Sribernews.com–APEC Business Advisory Council (ABAC) sangat mendorong keterlibatan perempuan dalam meningkatkan peran perempuan dan kewirausahaan dalam inklusif ekonomi. Ini terlihat dalam agenda pembahasan ABAC II yang akan diselenggarakan pada 23-26 April 2019 mendatang.

“Partisipasi perempuan dalam ekonomi merupakan salah satu faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Dan memastikan bahwa masyarakat yang paling rentan pun mendapatkan manfaat,” kata Anggota ABAC Indonesia Shinta Widjaja Kamdani saat Konferensi Pers Penyelenggaraan ABAC II di Mandiri Club Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Pembahasan terkait peran perempuan ini akan difokuskan dalam upaya mendorong kewirausahaan perempuan melalui financing dan bundling of services.

“Maksudnya bundling ini, semua hal yang dibutuhkan pengusaha perempuan dalam menjalankan usahanya. Seperti training, mentoring, jaringan bisnis, formalisasi usaha,” ujar Shinta.

ABAC II juga akan mendorong peningkatan partisipasi wanita di lokasi kerja.

Chairman ABAC Indonesia Anindya Bakrie menyebutkan Indonesia bukan hanya memiliki kelebihan dari jumlah penduduknya, yaitu 260 juta jiwa. Tapi juga dari jumlah wirausahawan atau UMKM.

“UMKM kita itu tulang punggung negara. Jadi kalau bicara tentang inklusif ekonomi, kita sudah menjalankan,” ucapnya.

Ditambah dengan adanya teknologi, Anindya meyakini, Indonesia akan mampu menjadi contoh bagi negara lain terkait inklusif ekonomi.

“Saat ini memang masih awal, tapi 3-5 tahun ke depan, akan mampu mencapai level inklusif ekonomi di 75 persen,” katanya.

LAPORAN : NATASA SERA
EDITOR : H. ERYANI

Redaksi Sribernews

Next Post

Jokowi Kampanye di Tiga Kota

Tue Apr 9 , 2019
KARAWANG.Sribernews.com– Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi), Selasa (9/4/2019) berkampane di tiga kota yakni Karawang, Bandung, dan Solo. Di Karawang, Jokowi berkampanye di di Stadion Singaperbangsa, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di Solo, dalam kampanye ini, hadir Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, politisi PDI-P Puan Maharani, Anggota Dewan Pengarah […]