Wakil Menteri Luar Negeri Estonia, H.E. Andres Rundu, Kunjungi Indonesia

JAKARTA, Sribernews.com _Wakil Menteri Luar Negeri RI, H.E. A. M Fachir menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Menteri Luar Negeri Estonia, H.E. Andres Rundu, di Jakarta, Rabu (6/3/209). Kunjungan bertujuan untuk memajukan kerja sama bidang ekonomi kedua negara.

Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Estonia membawa beberapa perusahaan terkemuka di Estonia yang direncanakan akan bertemu dengan sejumlah pejabat dari Kementerian/ Lembaga di Indonesia antara lain Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, BKPM, Kementerian Perhubungan, OJK, PT. Pelindo II, PT. Pelindo III, BSSN, Kementerian Dalam Negeri, dan Mahkamah Agung.

Kedua Wakil Menteri Luar Negeri dalam pertemuannya membicarakan tentang upaya penguatan kerja sama bidang ekonomi melalui pengembangan kerja sama di sektor teknologi, informasi, dan komunikasi, keamanan siber, e-governance serta infrastruktur khususnya pengembangan pelabuhan laut.

Nilai total perdagangan Indonesia dan Estonia mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2018, total perdagangan mencapai USD 128.5 juta atau meningkat 50,66% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan surplus di pihak Indonesia sebesar USD 71.4 juta.

“Adapun nilai investasi Estonia di Indonesia belum mencatatkan nilai yang signifikan. “Dalam kaitan ini, kita mengundang perusahaan Estonia untuk berinvestasi di Indonesia khususnya terkait pembangunan infrastuktur di Indonesia”, papar Wamenlu RI.

Selain isu ekonomi, kedua Wakil Menteri Luar Negeri juga membahas sejumlah isu bilateral seperti kerja sama di bidang pendidikan tinggi, potensi kerja sama di bidang pariwisata, perjanjian bebas visa dan saling dukung di fora internasional. SMA

Redaksi Sribernews

Next Post

Pemuda Lintas Agama Siap Jaga Kondusifitas Sumsel

Fri Mar 8 , 2019
Palembang, Sribernews- Ketua Forum Pemuda Kerukunan Umat Beragama (FPKUB) Sumsel Muharam Hidayatullah menegaskan jika para pemuda lintas Agama yang ada di Sumsel menyatakan sikap turut menjaga kondusifitas di Sumsel dalam menyambut pesta demokrasi terbesar di Indonesia yakni pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) serta tetap menjaga predikat Sumsel zero […]