Merugikan Nasional , Solusi Harga Tiket Melambung

JAKARTA.Sribernews.com–Solusi mengundang maskapai asing untuk mengatasi tingginya harga tiket yang ditawarkan Presiden RI Joko Widdo mendapat tanggapan mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli.

“Maaf Pak Jokowi, kok solusinya cetek dan merugikan kepentingan nasional? Pasar domestik di negara-negara besar khusus untuk airline domestik. Suruh menterinya belajar cara ngatur duopoly supaya tidak rugikan konsumen,” cuit Rizal Ramli dalam twitternya, Jumat (31/5/2019).

Diketahui, dalam sebuah wawancara , Jokowi mengatakan salah satu faktor tiket mahal karena kurangnya kompetisi dalam pasar penerbangan.

Menurut Jokowi ,dengan mengundang maskapai-maskapai baru untuk membuka rute domestik nantinya akan membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan maskapai akan semakin efisien.

Selain itu, Jokowi juga menyebut perizinan di Indonesia memungkinan untuk maskapai asing bisa mendirikan perusahaan (perseroan terbatas) dan membuka rute-rute domestik.

Kementerian Perhubungan merilis dua aturan untuk menyikapi kenaikan harga tiket pesawat.

Selain Keputusan Menteri Nomor KM 72 tahun 2019 yang mencantumkan daftar atas dan bawah, ada juga Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi.

Aturan mencoba untuk menyederhanakan komponen penentu harga yaitu terdiri dari dua kelompok, tarif dasar dan surcharge atau biaya tambahan.

Melalui aturan ini Kemenhub menaikkan batas bawah dari sebelumnya 30% menjadi 35% dari batas atas.

Batas atas-bawah tiket pesawat di beberapa rute padat berdasarkan Keputusan Menhub No 72 tahun 2019 untuk Jakarta (Soekarno Hatta)-Padang, Rp 2.608.000 – Rp913.000, Jakarta-Lombok Rp3.000.000- Rp1.050.000, Jakarta-Yogyakarta Rp1.342.000-Rp470.000, Jakarta (Halim Perdana Kusuma)- Pekanbaru Rp2.679.00-Rp938.000.

Aturan dikeluarkan pasca kenaikan harga tiket pesawat nyaris serentak oleh banyak maskapai dalam negeri dalam tiga bulan terakhir.

“Kami secara terus menerus telah melakukan pengamatan dan pembahasan sejak terjadinya kenaikan tarif tiket pesawat, dengan memperhatikan serta keberlangsungan industri penerbangan saat ini,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti. (Hers)

Redaksi Sribernews

Next Post

Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman Ani Sarwo Eddhie Wibowo Yudhoyono

Sun Jun 2 , 2019
JAKARTA.Sribernews.com-Presiden Joko Widodo memimpin upacara pemakaman pemakaman istri Presiden ke-6 RI, Soesilo Bambang Yudhoyono, Krisitiani Herawati Sarwo Eddhie Wibowo Yudhoyono (Ani) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019) sore. Ani dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan karena memegang bintang jasa Adipradana yang disematkan pada Agustus 2011 karena dipandang […]