Jimly : NKRI Harga Mati

JAKARTA.Sribernews.com—Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitudi (MK) Jimly Asshiddiqie menegaskan NKRI merupakan harga mati. NKRI tak boleh berubah atau diubah menjadi benetuk-bentuk lain seperti kerajaan, federal, kesultanan, atau tafsir-tafsir lain.

Demikian dikatakan Jimly saat menjadi pembicara dalam peringatan isra mikraj yang digelar DPP Forum Keluarga Besar (FKB) Sriwijaya Bersatu (SRIBER) di MIR’Z Café, Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Menurut Jimly, semua pihak harus menjaga agar NKRI tidak rusak. Jika merujuk pada sejarah Islam, khususnya sejarah khalifaurasyidin, menurut Jimly, dalam Islam sebetulnya sudah ada model negara republik.

Terkait isra mikra, Jimly mengingatkan banyak pelajaran yyang bisa ditarik dari peristiwa isra mikraj, khususna terkait perspektif iptek. “Misalnya isra. Isra itu kan perjalanan dari masjidil haram ke masjidil aqsa menggunakan buraq, “kata Jimly yang merupakan Dewan Pembina FKB SRIBER ini.

Apa yang terjadi di masa lalu, perjalanan menggunakan buraq, dapat dipahami dalam dalam perspektif iptek.
Dalam konteks kekinian, peristiwa tersebut sangat mungkin terjadi apalagi dengan adanya pesawat dengan kecepatan tinggi dalam menempuh perjalanan jauh dari satu tempat ke tempat.

Sebab itu, memahami Islam tak bisa dilakukan hanya secara bahasa atau harfiah, namun juga membutuhkan pendekatan teknologi. “Memahami Alquran tanpa ilmu adalah nonsen, katanya.
Umat Islam harus banyak belajar iptek agar dapat memahami Alquran dengan tepat, sehingga makin mendekatkan dirinya kepada Allah Swt.

Ketua Umum DPP FKB SRIBER, Mirza Basa, mengatakan peringatan isra mikraj merupakan salah satu upaya meningkatkan ketakwaan dan ukhuwah antar anggota dan pengurus DPP FKB SRIBER.

FKB SRIBER merupakan wadah berkumpul masyarakat asal Sumbagsel, khususna yang ada di Jakarta. “ FKB SRIBER memilii banak program baik ekonomi maupun sosial keumatan,” kata Mirza.

Program ekonomi antara lain dengan membuka MIR’Z Café, dan dalam waktu dekat segera meresmikan Sribermart. Sementara itu dalam program komunikasi dan informasi, FKB SRIBER meluncurkan portal Sribernews.com.

LAPORAN : MAHDI
EDITOR : H. ERYANI

Redaksi Sribernews

Next Post

Luhut Beri Amplop Kiai, BPN Minta Bawaslu Usut

Wed Apr 3 , 2019
JAKARTA.Sribernews.com– Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muhsinin, Labuhanbatu, Umar Syadat Hasibuan, menyayangkan adanya video berisi Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan amplop diduga berisi uang kepada pengasuh Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan. Umar merasa prihatin karena video tersebut dibull banyak pihak. Mantan staf khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) era Gamawan Fauzi […]