Ratusan Anak Ikuti Petualangan Anak Siaga Hansaplast

SENTUL. Sribernews.com– Hansaplast, Palang Merah Indonesia (PMI) memulai acara Petualangan Anak Siaga Hansaplast, di Sentul, Jabar, Jumat (5/4/2019).

“Petualangan Anak Siaga Hansaplast merupakan sebuah program train-the-trainers seputar Pertolongan Pertama untuk 250 siswa Sekolah Dasar yang dilangsungkan selama 2 hari,” kata Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast.

Petualangan Anak Siaga Hansaplas adalah bagian dari program Anak Siaga Hansaplast yang sudah dijalankan sejak tahun 2015 dan yang hingga kini sudah melatih lebih dari 150.000 anak Sekolah Dasar seputar Pertolongan Pertama.

“Sebagai ahli dalam produk Pertolongan Pertama, kata Setiawan Saputra, Marketing Manager Hansaplast, Hansaplast memiliki komitmen jangka panjang untuk memberikan edukasi seputar Pertolongan Pertama kepada masyarakat luas, termasuk anak-anak. Hansaplast telah mengadakan roadshow bersama dokter spesialis luka ke berbagai kota di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat luas seputar Pertolongan Pertama. Khusus untuk anak-anak, kami memiliki program Anak Siaga Hansaplast yang kami jalankan bersama Palang Merah Indonesia (PMI).

“Melalui program Anak Siaga Hansaplast, kami dan PMI memberikan pelatihan seputar Pertolongan Pertama dengan cara yang seru dan menyenangkan, yang mudah dimengerti oleh anak-anak usia Sekolah Dasar,” jelas Setiawan Saputra.
.
Menurut dia, pada tahun 2018, program Anak Siaga Hansaplast dijalankan di 30 Sekolah Dasar di Jakarta yang mengedukasi para siswa secara teori dan praktik. Berdasarkan edukasi di 30 sekolah tersebut, Hansaplast dan PMI membuat seri buku Anak Siaga Hansaplast yang terdiri dari 3 buku, ditujukan khusus untuk anak-anak.

Tahun ini, konsep yang diusung program Anak Siaga Hansaplast adalah Petualangan Anak Siaga Hansaplast, di mana para siswa mendapatkan edukasi seputar Pertolongan Pertama serta pelatihan secara peer-to-peer oleh tim PMI.

“Jika tahun lalu kami mendatangi sekolah-sekolah untuk memberi edukasi dan pelatihan kepada para siswa, tahun ini kami mengumpulkan mereka untuk diberikan edukasi dan pelatihan yang lebih intensif, katanya.

Muhammad Muas, Pengurus PMI Pusat, Ketua Bidang PMR dan Relawan. Palang Merah Indonesia menjelaskan dalam program ‘Petualangan Anak Siaga Hansaplast’, tim PMI melatih para siswa mengenai Pertolongan Pertama, luka serta tanggap bencana.

Pihaknya juga menyiapkan permainan seru yang menguji pengetahuan mereka mengenai Pertolongan Pertama dengan cara yang menyenangkan. Para siswa juga diberikan pelatihan khusus peer-to-peer training seputar Pertolongan Pertama.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap para siswa akan kembali ke sekolah mereka masing-masing dengan kemampuan untuk melatih dan mengedukasi sesame teman sekolah mereka seputar Pertolongan Pertama,” ujar Muhammad Muas,.

Program Petualangan Anak Siaga Hansaplast dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 5-6 April di Taman Wisata Budaya Sentul. Selama program ini, 250 siswa Sekolah Dasar diberikan edukasi mengenai topik-topik berdasarkan buku seri Anak Siaga Hansaplast; 1) “Pertolongan Pertama”; 2) “Apa itu Luka?”; dan 3) “Siaga Bencana”.

Pengetahuan para siswa seputar materi Pertolongan Pertama yang mereka pelajari juga akan diuji dengan menggunakan permainan ular tangga yang seru untuk anak-anak. Selain edukasi dan permainan, tim pelatih dari PMI juga memberikan sesi khusus peer to peer training kepada para siswa untuk melatih mereka menjadi pelatih di bidang Pertolongan Pertama.

LAPORAN : ERVIANTI
EDITOR : H. ERYANI

Redaksi Sribernews

Next Post

Prabowo: Ibu Pertiwi Sakit, Elit di Jakarta Tak Mampu Urus Negara

Sat Apr 6 , 2019
CIAMIS.Sribernews.com– – Calon Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto, mengkritik keras sistem tata pemerintahan saat ini. Ia menilai, kondisi bangsa dan negara Indonesia saat ini dalam keadaan yang tidak baik dari sisi ekonomi, sosial, politik, dan keamanan akibat ketidaksangupan pemerintah saat ini dalam mengelola negara. “Negara kita saat ini dalam […]