KPK – KPU Umumkan Kekayaan Caleg

JAKARTA.Sribernews.com–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan kepatuhan pejabat negara dalam hal ini anggota DPR, DPRD provinsi ,dan DPRD kabupaten/kota terkait Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN).

Nama-nama anggota dewan per fraksi itu diumumkan melalui situs resmi elhkpn.kpk.go.id.

“Kalau kemarin kita berlari bersama 5 Km mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan jujur (Pemilu Run). Kali ini kita bersama menciptakan Pemilu berintegritas dari pelaporan LHKPN,” ujar Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, saat konferensi pers di Media Center KPK, Kuningan Jakarta, Senin (8/4/2019).

Menurut Saut, KPK dan KPU terus berupaya mewujudkan upaya Pemilu berintegritas. Salah satunya dengan mendorong pejabat negara untuk melaporkan harta kekayaannya sebagai upaya pencegahan korupsi.

“Perlu ditegaskan bahwa KPU dan KPK ini perjalanannya panjang. LHKPN kan dari tahun 99 sampai hari ini,” kata Saut.
Dari pengumuman itu akan tampak seperti apa kepatuhan para kontestan, dari sisi orang per orang per orang wilayah, dan partai politik.
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan KPU juga terus melakukan upaya untuk Pemilu berintegritas. KPU terus mendorong agar proses Pemilu makin hari semakin baik, dan hasil pemilu terpilih orang-orang terbaik.
Salah satunya mendorong pelaporan LHKPN ini bisa menjadi salah satu cara untuk antisipasi pencegahan tipikor,” kata Arief.

KPU pusat juga mendorong KPU provinsi, kabupaten/kota untuk juga patuh melaporkan LHKPN. Bahkan, pihaknya juga telah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.
“Saya perlu sampaikan juga kami bertujuh (komisioner KPU) sudah melaporkan pelaporan LHKPN. Cuma yang punya saya kemaren masih ada yang harus diperbaiki belum lengkap tapi seluruh komisioner sudah melaporkan harta kekayaannya,” tegasnya.

Berdasarkan data, berikutlaporan LHKPN per fraksi di DPR: Fraksi PAN (60,87 persen), PDIP (66,67 persen); Demokrat (57,38 persen); Gerindra (39,13 persen); Golkar (65,12 persen); Hanura (46,67 persen); PKS (66,67 persen); PKB (71,74 persen); Nasdem (88,89 persen); dan PPP (81,58 persen).

LAPORAN : DBS
EDITOR : H. ERYANI

Redaksi Sribernews

Next Post

Kawal Pilpres, Umat Diajak Berjihad Jaga TPS

Mon Apr 8 , 2019
SENTULSribernews.com- Pilpres tinggal sepekan lagi. Para pemimpin Muslim mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kecurangan-kecurangan yang mungkin muncul selama pesta demokrasi berlangsung. Untuk mengantisipasinya, mereka mengajak masyarakat untuk berjihad menjaga TPS. “Ada aspirasi dari warga dan jamaah kita. Akhirnya mereka menginisiasi gerakan ini (Gerakan Jihad Menjaga TPS),” jelas Ustaz Muslih, saat meluncurkan […]