KPU Cek Kasus Suara Tercoblos di Malaysia

JAKARTA. Sribernews.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon kasus pencoblosan kertas suara bergambar pakaian 01 dan caleg Partai Nasdem di Malaysia yang heboh di jagat perpolitikan dan jahat medsos.

KPU mengatakan pihaknya sedang mengecek kebenaran atas temuan kasus tersebut.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan Pokja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Malaysia.

“Kita sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya kepada Pokja PPLN,” kata Ilham kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Sebelumnya, Bawaslu meminta pemilu 2019 di Malaysia dihentikan usai beredar video di media sosial penemuan surat suara tercoblos untuk paslon 01 Jokowi-Ma’ruf.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar membenarkan temuan tersebut.
Surat suara itu, kata Frizt ditemukan oleh PPLN Kuala Lumpur.

Pihaknya meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia untuk sementara,” kata Fritz saat .

Penghentian harus dilakukan sampai ada semua terbukti bahwa ada atau tidak ada tindakan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif.

Bawaslu sudah meminta KPU untuk mengawasi kinerja PPLN kurang baik. Kejadian ini menjadi buktinya.

Sebagaimana info yang beredar , surat suara yang dicoblos itu ditemukan di
Selangor, Malaysia. Warga negara Indonesia (WNI) yang ada di sana mendapati langsung temuan ini dan melapor ke Panwaslu.

“Saya mendapatkan informasi pukul 12.00, saya langsung mendatangi langsung lokasi yang katanya ada surat suara tercoblos itu,” kata Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara .

Temuan ini mengejutkan megingaat pencoblosan di TPS di Malaysia baru akan dilakukan pada Minggu (14/4) mendatang.

Yaza, yang telah langsung mengecek ke lokasi, mengonfirmasi adanya surat suara tercoblos.

Surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam. Kantong-kantong itu diletakkan di sebuah ruko yang ada di Bangi, Selangor.

Menurut Yaza, dalam surat suara itu telah tercoblos untuk pasangan calon 01. Tak hanya itu, surat suara juga sudah dicoblos di kertas legislatif.

“Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu,” kata Yaza.

LAPORAN : DBS
EDITOR. : H. ERYANI

Redaksi Sribernews

Next Post

Kampanye Terakhir Paslon 02, Tangerang pun Pecah

Sat Apr 13 , 2019
TANGERANG.Sribernews.com–Tak hanya stadion Geloara Bung Karno (GBK), Palembang, Solo, dan berbagai kota – kota lainnya, kampanye terakhir paslon 02 di alun-alun, Tangerang, Sabtu (13/4/2019) juga pecah. Meski tanpa kehadiran Prabowo, massa tetap mbludak. Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tampak begitu mempesona. Sejak pukul 08.00 massa berbondong-bondong mendatangi […]