Warga, Pejabat, Penyandang Cacat Ikuti idul Adha di Istiqlal

Berbagi Berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA. SRIBERNEWS.COM–
Warga masyarakat, para pejabat negara, dan Duta
Besar beramai-ramai melaksanakan salat idul adha
1940 hijriah/2019 Masehi
di Mesjid Istiqlal, Jakarta, Ahad ,(11/8/2019′).

Sejak pagi hingga pukul 06.30 WIB di Jalan Ir. H. Juanda, Gambir, Jakarta Pusat, dipenuhi warga yang datang baik menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, serta berjalan kaki.

Sementara Presiden Jokowi memilih menunaikan shalat id di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor.

Yang luar biasa, pad salat Idul Adha kali ini tampak ratusan orang penyandang disabilitas shalat Idul Adha.

“Ini pertama kalinya kami bisa masuk dan shalat di saf paling depan,” kata Kordinator untuk disabilitas, Bahrul Fuad di Masjid Istiqlal Jakarta.

Baca Juga:  Ormas Keagamaan Minta RUU HIP Dicabut

Fuad mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan dan menfasilitasi atas akses layanan disabilitas dalam peribadatan.

Masjid Istiqlal menyediakan pintu khusus yakni pintu “Ar-Rahman” untuk para penyandang disabilitas. Sejumlah fasilitas khusus pun disiapkan di antaranya tempat wudhu ramah disablitas, ada bidang miring untuk pengguna kursi roda hingga parkir khusus.

“Bahkan pengelola masjid juga mengerahkan para relawan yakni remaja islam masjid yang menfasilitasi mereka untuk dapat beribadah dengan nyaman,”kata Fuad.

Para disabiltas yang datang selain pengguna kursi roda juga ada yang memakai tongkat, tunarungu, tunanetra hingga tunawicara.

“Kami juga berterimakasih, karena khutbah juga diterjemahkan dalam bahasa isyarat,” ujarnya.

Baca Juga:  Kritis, Kondisi Tiga Polisi Kawal Demo

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Duta Besar negara Islam untuk Indonesia mengikuti shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak jadi menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

“Enggak jadi, katanya,” kata dia.

Diketahui, Presiden Jokowi memilih menunaikan shalat id di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor.
Sementara, Wapres Kalla sedang berada di kampung halaman, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal kali ini, Ustaz Yusuf Mansyurmenjadi khatib atau penceramah. Adapun, imam shalat, yakni ustaz dari Masjid Istiqlal. ( SBS)