Sekjen KAHMI : Harkitnas, Gugah Kesadaran Kolektif, Bangkit Menangkan Persaingan Global.

JAKARTA.Sribernews.com–Sekjen Majelis Nasional Korps Alumni HMI ( MN KAHMI) Manimbang Kaharyadi menegaskan, peringatan hari Kebangkitan Nasional merupakan kesempatan yg tepat menguatkan rasa persatuan bangsa, dan membangun kesadaran kolektif utk bangkit menjadi bangsa pemenang, ditengah arus deras persaingan global.

Hal tersebut disampaikan Manimbang seusai dialog kebangsaan dan buka puasa bersama Majelis Nasional KAHMI di Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut Manimbang menegaskan penyelenggaraan demokrasi melalui kontestasi pileg dan pilpres, adalah momentum strategis utk penguatan rasa persatuan bangsa, memperkokoh semangat nasionalisme, sehingga kita dapat bangkit menjadi bangsa yg besar ” jangan sampai penyelenggaraan demokrasi menjadi titik balik konflik dan perpecahan bangsa” jelasnya.

Dikatakannya, pilihan kita melaksanakan demokrasi adalah kehendak elemen bangsa , menuju kehidupan masyarakat yg lebih baik dan bermartabat .
Manimbang berharap agar masyarakat perlu mendisplinkan diri, menegakkan prinsip taat azas, dan mengambil sikap yg tepat sesuai ketentuan koridor hukum.
” Para elit politik dan tokoh bangsa haruslah berorientasi pada solusi, dan menahan diri utk tidak memproduksi narasi dan orasi yang dapat menambah eskalasi konflik/pertentangan,” katanya.

Untuk itu Manimbang berharap momentum peringatan Harkitnas tidak saja kegiatan serimonial semata, namun mampu menyentuh hal yg sangat esensial, sehingga kesadaran kolektif terbangun dengan jelas akan besarnya tantangan dan persaingan bangsa yg dihadapi saat ini .

” Jangan sampai kita tersandera dgn konflik dan perpecahan yg berkepanjangan ” ujarnya.

Pada bagian akhir penjelasannya, Manimbang mengajak segenap elemen bangsa utk terus merawat semangat kebersamaan dan rasa persatuan, serta membangkitkan kesadaran yang tinggi, mengawal dan menjaga keutuhan NKRI.

” Mari segera kita akhiri segala bentuk pertentangan dan persaingan pasca kontestasi pileg dan pilpres, menuju penguatan solidaritas dan peningkatan kapasitas dlm segala bidang, agar kita bisa menjadi bangsa pemenang dalam persaingan global,” tegasnya.Hers/SB1a

Redaksi Sribernews

Next Post

Pemerintahan Transisional: Solusi Konstitusional atas Krisis Pemerintahan Karena Tidak Mendapatkan Kepercayaan rRakyat

Mon May 20 , 2019
Oleh Dr. Bahrul Ilmi Yakup, SH.MH. PEMERINTAHAN transisional (interim government) merupakan salah satu solusi konstitusional yang paling banyak dan efektif dipilih untuk menyelesaikan krisis pemerintahan atau kebuntuan politik di berbagai negara, baik yang menganut sistem presidensial, maupun parlementer. Umumnya, pemerintahan transisional diberi tugas utama untuk menyelenggarakan pemilihan umum sebagai solusi […]