Tindakan Aparat pada Tim Medis Dompet Dhuafa Langgar Konvensi Jenewa

JAKARTA.Sribernews.com–Keluarga Besar Forum Zakat yang beranggotakan 121 Organisasi Pengelola Zakat se-Indonesoa menegaskan tindakan pemeriksaan berlebihan yang dilakukan oknum aparat kepada tim medis Dompet Dhuafa yang sedang bertugas pada unjuk rasa di depan Bawaalu.

Jakarta Kamis (23/2019) dini hari merupakan pelanggaran .pasal dalam Konvensi Jenewa.

Pasal yang dilanggar adalah
Pasal 11, Pasal 24-27, Pasal 36, dan Pasal 37 Konvensi Jenewa dimana petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan.

” Kami juga meminta aparat pengamanan untuk lebih bijaksana dalam bertugas, khususnya kepada relawan kemanusiaan yang bertugas membantu para korban,” kata
Ketua Umum FOZ: Bambang Suherman, didampingi
Direktur Eksekutif FOZ: Agus Budiyanto saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Mencermati dan melihat situasi yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta sebagai dampak dari adanya perbedaan cara pandang hasil pemilu, katanya, Forum Zakat ikut terlibat dalam merespon dampak kemanusiaan yang ditimbulkan.

Lembaga-lembaga anggota Forum Zakat menerjunkan tim medis dan tim pendukung lainnya untuk membantu korban-korban yang menderita, dianteranya gangguan kesehatan, luka-luka, dan dampak lainnya yang lebih parah.

Sangat disayangkan upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga anggota Forum Zakat harus mengalami tindakan represif yang dilakukan oleh oknum aparat.

‘Salah satu yang mengalami tindakan pemeriksaan berlebihan adalah lembaga kemanusiaan sekaligus lembaga zakat Dompet Dhuafa,” katanya.

Forum juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap bersikap tenang dalam merespon isu-isu yang bergulir beberapa hari ini.

Selain itu, mereka jugaengimbau masyarakat Indonesia agar tetap menjaga kedamaian dan persatuan bangsa Indonesia.

“Mengimbau kepada seluruh Organisasi Pengelola Zakat (Baznas dan LAZ) untuk tetap konsisten dan profesional membantu siapapun dan dimanapun yang terkena musibah dan membutuhkan pertolongan, terlebih yang bersifat emergency,” katanya.

Forum juga mengimbau seluruh anggota FOZ untuk ikut menyebarkan pesan perdamaian dan solidaritas baik kepada masyarakat umum, pegiait medis dan kemanusiaan, serta kepada aparat pengamanan yang sama-sama bertugas.

“Demikian keprihatinan ini
kami sampaikan. Kami berharap semoga kejadian ini tidak terluang kembali dan Indonesia segera kondusif,’ katanya. (Hers)

Next Post

Polri-FPI Halau Perusuh

Sat May 25 , 2019
JAKARTA.Sribernews.com–Polres Metro Jakarta Barat bersama Front Pembela Islam (FPI) menghalau […]