Mowilex Raih Carbon Neutral Sertifikat

JAKARTA.SRIBERNEWS–PT Mowilex Indonesia (Mowilex) mengumumkan inisiatif keberlanjutan utamanya yang dilakukan dengan bantuan perusahaan induknya yang berbasis di Singapura, Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd. (ACE) di Jakarta, Kamis (30/10/20).

“Inisiatif keberlanjutan Mowilex berfokus pada pengurangan emisi karbon, pengurangan plastik, dan konservasi laut, ” kata Niko Safavi, President Director, PT Mowilex Indonesia .

Acara dihadiri, Niko Safavi, President Director, PT Mowilex Indonesia .
Imam B. Prasodjo (PenasihatSenior Menteri, KementrianLingkungan Hidup danKuhutanan Republik Indonesia.), Susy Nurmayanti (Kepala Bidang Standardisasi Produk, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kuhutanan Republik Indonesia, Anna Yesito Wibowo ( Marketing Department Head, PT Mowilex Indonesia, Todd Frank ( Director of South East Asia, SCS Global p dan Mahawan Karuniasa ( KetuaJaringan Ahli Perubahan Iklimdan Kehutanan Indonesia (APIKI), Dosen Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia)

Pekan lalu, Mowilex mengumumkan ia telah menjadi perusahaan manufaktur pertama di Indonesia, dan satu-satunya produsen cat di negara ini yang memiliki sertifikasi karbon netral.

SCS Global Services, sebuah badan sertifikasi yang diakui secara internasional, melakukan evaluasi melalui pihak ketiga untuk menghitung emisi yang dihasilkan oleh Mowilex, yang mencakup semua lokasi dan operasinya.

Niko Safavi menjelaskan
Mowilex mengimbangi jejak karbonnya berdasarkan CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan oleh Natural Capital Partners, pemimpin global yang mempelopori proses sertifikasi dan mulai mengembangkan protokol ini pada tahun 2002.

Nico menjelaskan mengatakan Mowilex juga telah berkomitmen untuk mengurangi bahan kemasan plastik baru sebesar 80% dalam kurun waktu 8 tahun.

Untuk mencapai hal ini, perusahaan akan berupaya untuk kembali ke kemasan kaleng timah yang dapat didaur ulang, material plastik dengan konten daur ulang, dan bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan pengelolaan limbah untuk mengeksplorasi alternatif pengemasan dan pengumpulan limbah sampah.

“Ada banyak batasan yang ditempatkan pada entitas di Indonesia yang ingin mendukung LSM internasional, jadi kami membantu mereka mencapai tujuan konservasi laut mereka,” kata Imelda Sasmito, Managing Director ACE.

Mewakili Mowilex, ACE telah mendanai program Konservasi Internasional yang akan terus melindungi Teluk Saleh, yang memiliki luas 1.500 kilometer persegi di Sumbawa, Indonesia selama 5 tahun ke depan.

LProgram ini akan memelihara dan melindungi habitat penting bagi hiu paus yang terancam punah serta mendukung masyarakat setempat untuk mengembangkan ekowisata yang berkelanjutan.

“Mowilex telah melewati tonggak penting di negara ini, dimana konsumen mencari sosok pemimpin dan perusahaan yang bertanggung jawab,” kata Nicole.

Niko Safavi, CEO Mowilex mengatakan menjadi pemimpin industri, bukan berarti hanya sekadar memproduksi cat dan pelapis berkualitas tinggi kepada konsumen tetapi juga bertanggung jawab atas emisi karbon yang dihasilkan dari operasi kami.

Pihaknya menjadikan program keberlanjutan ini sebagai nilai inti perusahaan dan berharap dapat menginspirasi perusahaan lain yang belum berkomitmen terhadap sumber daya yang signifikan untuk mengatasi tujuan perubahan iklim, yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia,” tambahnya.

“Menjadi karbon netral adalah proses yang mahal dan ini akan memaksa kami untuk menjadi lebih hemat energi, ” lanjutnya.

“Inisiatif ini cukup terhubung dengan baik dalam pandangan kami,” kata Tania Ariningtyas, Manajer Urusan Lingkungan Mowilex.

Indonesia adalah salah satu penyumbang polusi plastik teratas, yang mempengaruhi kehidupan laut. Indonesia juga merupakan penghasil emisi CO2 terbesar ke-15.

“Inisiatif kami berupaya menanggulangi ketiga hal tersebut, tetapi upaya kami saja tidak cukup, “lanjutnya. Hers

Redaksi Sribernews

Next Post

KONTES FOTOGRAFI SanDisk

Sat Nov 2 , 2019
JAKARTA,SRIBERNEWS, SanDisk tanggal 1 November 2019 resmi membuka Kontes Fotografi SanDisk Share Your World 2019. Pada kompetisi ini SanDisk memberi kesempatan bagi pencinta dan hobby fotografi untuk unjuk kebolehan dan memamerkan karya untuk mendapatkan total hadiah sebesar Rp 35 juta. Peserta dapat melakukan pendaftaran dan submit karya foto langsung melalui […]