Inilah Pemenang EF Spelling Bee 2019

  • Bagikan
3
Cloud Hosting Indonesia

JAKARTA.SRIBERNEWS–EF English Centers for Kids & Teens kembali mengadakan EF Spelling Bee 2019. Kompetisi menguji kecakapan para peserta mengingat dan mengeja kata dalam Bahasa Inggris.

Erditya Arfah, Marketing Director EF English Centers for Kids & Teens EF menjelaskan Spelling Bee pertama diadakan pada tahun 2003. EF Spelling Bee kini menjadi salah satu terbesar dan paling bergengsi di Indonesia,

DomaiNesia

Menurut dia, antusiasme pada kompetisi tahun ini sangat luar biasa. Terbukti dengan lebih dari 15.000 peserta berusia 6 hingga 14 tahun telah berpartisipasi dalam kompetisi tingkat regional beberapa minggu lalu.

Sebelum masuk kompetisi tingkat nasional, seluruh peserta EF Spelling Bee 2019 harus mengikuti tahap kualifikasi yang dilakukan secara serentak di 34 kota di Indonesia. Kurang lebih 700 peserta yang lolos pada tahap kualifikasi dibagi menjadi empat grup yakni; Grup A (kelas 1-2 SD); Grup B (kelas 3-4 SD); Grup C (kelas 5-6 SD); dan Grup D (kelas 1-3 SMP).

Baca Juga:  Trakindo Gelar Lokakarya Pembelajaran Guru Terbaik

Masing-masing grup ini pun kembali harus melewati tahap pre-eliminasi yang dilaksanakan di hari yang sama dengan babak grand final, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (24/11/2019).,” kata Erditya.

Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementdikbud Agus Salim mengatakan, keterampilan berbahasa Inggris adalah salah satu keterampilan paling penting yang dibutuhkan anak-anak saat ini, karena mereka harus mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan tentunya akan membawa mereka jauh dalam kehidupan di masa depan.

Hal tersebut juga akan memberi mereka peluang lebih baik dalam konteks pergaulan secara global,” sambutnya saat membuka gelaran kompetisi nasional EF Spelling Bee 2019.

Baca Juga:  Samsung Galaxy S20 Segera Rambah Pasar Indonesia

Spelling Bee sendiri adalah sebuah kompetisi yang menguji kemampuan literasi dan kecakapan peserta dalam mengeja sebuah kata. Dalam kompetisi ini, para peserta secara tidak langsung dibawa dalam sebuah proses belajar yang berkesinambungan, baik dalam hal peningkatan kemampuan eja dan literasi, maupun membangun kepercayaan diri. Proses pembelajaran dan kemampuan dalam mengeja kata adalah hal yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris secara umum.

Hal ini didukung oleh penelitian bertajuk, Understanding Spelling oleh O’Sullivan and Thomas (2007) yang menyebutkan bahwa kemampuan mengeja anak berkaitan erat dengan kemampuannya dalam memahami bahasa dan kecenderungan untuk memiliki minat membaca.

Erditya juga mengungkapkan bahwa level kompetisi yang ditunjukkan pada tahun ini pun dapat dikatakan lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menjadi indikasi bahwa tingkatan kemampuan bahasa Inggris anak-anak Indonesia kerap meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga:  Raffi Ahmad Pesta Tanpa Protokol, Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab Minta Pemerintah Adil

Pemenang lomba di Grup A (kelas 1-2 SD) masing-masing Emmanuella Theona (Bali), Mikhael Sumanti (manado), dan jaden Lianto (Kupang). Pemenang Grup B (kelas 3-4 DD) masing-masing juaa 1 Theo Magia (Bogor), Andatne Ervanth (Pamulang), Maxmilian Owen (Kelapagading). Pemenang Grup C (kelas 5-6 DD) masing-masing Audrey effendi (Puri Indah), Arda Achmad (Pamulang), dan Liemas Owen (Cimaho). Pememangn Grup D (kelas 1-3 SMP) masing-masing Sharon Richietta )BSD_, Mienupradhana Bagaskoro (Malang), dan M Dustin Hazeldo Tolle (Malang). Hers

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan