Raker 2020, Yayasan Lotus Perkuat Program Kepedulian Masyarakat

  • Bagikan
IMG 20200119 WA0047
Cloud Hosting Indonesia

JAKARTA.SRIBERNEWS–Yayasan Lotus Kita, yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan keagamaan, bertekad akan makin memperkuat program kepedulian masyarakat.

Hal ini merupakan salah satu hasil Raker 2020 Yayasan Lotus Kita di Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

DomaiNesia

Ketua Dewan Pembina Yayasan Lotus Kita, Lely Pelitasari mengatakan sebagai negara dengan populasi penduduk sekitar 269 juta jiwa atau 3,49% dari total populasi dunia, Indonesia memiliki berbagai masalah sosial yang membutuhkan penanganan cepat.

Pada tahun 2019, Indonesia masih diliputi bencana alam yang menimbulkan korban jiwa dan materil.

Bahkan, di beberapa tempat masih terdapat sejumlah pengungsi yang mengharapkan bantuan, agar dapat mempertahankan hidup sehari-hari.

Kondisi ini membutuhkan keterlibatan seluruh komponen masyarakat, tidak hanya instansi Pemerintah tetapi juga Non Pemerintah.

“Masih banyaknya saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan, menjadi motivasi bagi Yayasan Lotus Kita untuk semakin memperkuat program yang mengarah pada kepedulian sosial,” kata Wakil Ketua Ombudsman RI ini.

Baca Juga:  Anies Harap NU Jadi Pengayom Persatuan

Pada tahun 2020, kata Lely, Yayasan Lotus Kita akan memperluas kerjasama kelembagaan dengan organisasi, instansi, atau komunitas lain, baik sebagai partisipan, mitra strategis, maupun bentuk-bentuk kerjasama lainnya.

“Perjalanan 3 tahun organisasi semestinya, kami sudah harus fokus arah kerja organisasi,” katanya.

Pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan memperkuat program, paling tidak dengan melihat sumber pendanaan yang lebih tertib dan tepat pengunaan.

Dia berharap pelaksanaan program lebih konsisten dengan rencana kerja sebelumnya.

Ketua Yayasan Lotus Kita, Ilah Holilah menyampaikan, Yayasan yang berdiri sejak 2017 lalu ini telah melakukan sejumlah kegiatan.

Untuk memahami topik hangat yang berkembang di tengah masyarakat, Yayasan Lotus Kita secara rutin bergelar kajian dwi bulanan dengan menghadirkan narasumber dari berbagai keahlian.

Baca Juga:  PRENAGEN dan Klikdokter Dukung BKKBN Turunkan Angka Kasus Stunting

Pilihan topik kajian bervariasi, selain membahas isu sosial atau keagamaan terkini seperti pembahasan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), yayasan yang digawangi mantan aktifis Korps HMI Wati ini juga menghadirkan ahli tumbuh kembang anak.

“Kami tidak saja mengkaji masalah sosial yang menjadi sorotan hangat publik saat itu, melainkan lebih proaktif mendalami kebutuhan tumbuh kembang anak, agar dapat mengurangi penyakit sosial di masyarakat di masa depan,”ujar Ilah Holilah.

Ilah menuturkan, Rapat Kerja Tahunan Yayasan Lotus Kita telah merumuskan berbagai program yang akan dilaksanakan selama tahun 2020.
Program yang menjadi bahasan penting, menurutnya terkait kepedulian Yayasan Lotus Kita pada korban bencana alam serta dukungan pendanaan atas program tersebut.

Baca Juga:  Bali United, Resmi Jadi Klub Pertama Go Public di di Asia Tenggara

Yayasan Lotus Kita akan melanjutkan program sosial dengan aksi-aksi kongkrit yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat seperti membantu korban banjir atau bencana alam lainnya atau menggelar sunatan massal.

Sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan keagamaan, Lotus Kita ingin berkontribusi secara nyata dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

Kiprah tersebut telah ditunjukkan dengan pengurus secara langsung turun ke lokasi bencana alam dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat, seperti pada banjir 1 Januari 2020 lalu, dan tahun sebelumnya di Aceh, Lombok, Banten, Lampung dan Jakarta.

Agar program tahun 2020 dapat berjalan secara efektif, tambah Ilah, Yayasan Lotus Kita akan memperluas kerjasama kelembagaan salah satu yang menjadi fokus adalah kerjasama dengan lembaga ekonomi serta penjajakan pengalangan dana dari donatur. Hers

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan