SGC Ajak Stakeholder Wujudkan Ekonomi Sirkular

  • Bagikan
Photo 1
Cloud Hosting Indonesia

JAKARTA.SRIBERNEWS—Mengawali tahun 2020, SCG, grup konglomerasi dengan tiga bisnis utama, (Cement-Building Materials, Chemicals, dan Packaging),mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berbuat nyata guna mewujudkan kehidupan berkelanjutan melalui praktek ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai penanda, Rabu (22/1/2020) digelar acara SCG Welcoming Circular 2020, di Jakarta.

DomaiNesia

“Upaya ini akan diwujudkan dalam penyelenggaraan SCG Sustainable Development (SD) Symposium Indonesia 2020: Circular Economy, Collaboration for Action yang akan digelar pada 22 Februari mendatang,” kata Wiroat Rattanachaisit, Country Director – SCG Indonesia.

Hadir dalam acara, Nani Hendiart, Asisten Deputi Bidang Koordinasi SDM, Sainstek dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim dan Investasi.
Acara juga diisi dengan workshop pembuatan kreasi daur ulang dari bahan bekas

Baca Juga:  Kapendam Jaya: ada 7 Jurnalis Ikut Penertiban Baliho

Menurut Wiroat, forum pertemuan para pemimpin global ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia dan bertujuan untuk saling berbagi pengalaman implementasi ekonomi sirkular, baik di bisang bisnis, birokrasi, maupun komunitas.

Selain itu, melakukan kolaborasi diantara para pemangku kepentingan terkait, untuk mewujudkan praktek ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini dilatarbelakangi oleh kesadaran bersama akan pentingnya ekonomi sirkular untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,’ katanya.

SCG, katanya, menyadari kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan dalam mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular.

Sebagai negara dengan populasi terbesar di ASEAN dan merupakan salah satu negara terkuat dari sisi ekonomi dan politik, posisi Indonesia sangat strategis untuk menjadi negara pendorong praktek ekonomi sirkular, tidak hanya di kawasan ASEAN, bahkan dunia.

Baca Juga:  Prof Mudzakir Pertanyakan Kesalahan Habib Rizieq Shihab hingga Sebabkan Darurat Kesehatan

SCG ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa berperilaku sirkular, artinya mulai dari mengedukasi hingga memberi contoh untuk menggunakan sebesar-besarnya manfaat dari sumber daya, dan menekan semaksimal mungkin jumlah sampah atau limbah. Dengan kata lain konsepnya adalah make – use – return.

Pihaknya memberi beasiswa tingkat SMA dan Universitas yang mengusung tema ekonomi sirkular, hingga pembinaan terhadap kelompok warga di Soreang, Bandung melalui kelompok mahasiswa penerima beasiswa SCG Sharing the Dream, untuk pengolahan limbah tekstil menjadi barang yang memiliki nilai jual. Hers

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan