Stop Bisniskan Pemulung/Gepeng di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
WhatsApp Image 2020 06 03 at 16.03.20
Cloud Hosting Indonesia

JAKARTA.SRIBERNEWS– Ketua Dewan Syariah Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dr Amir Faisal, menegaskan bisnis pemulung, termasuk gerobak, dan gepeng (gelandangan pengemis) di bulan Ramadhan harus dihentikan.
Amir mengatakan hal itu di sela –sela acara peluncuran Program sahabat UMI / Usaha Mikro Indonesia, sedekah kuatkan pejuang ekonomi keluarga dengan # Indonesia dermawan di Menara 165 jalan Simatupang, Jakarta, Selasa, 2 juni 2020.
Kegiatan yang merupakan lanjutan Program Kemanusiaan Ramadhan ACT 1441 H ini membantu 1 juta ibu usaha rumah tangga yang terus bertahan di tengah Coronavian.
Peluncuran diwarnai diskusi yang menghadirkan Amir Fasial, Ustaz Ibnu Hajar (Presiden ACT,) Qori ustaz M Naim , dengan moderator Nurman P. Hadir juga Erti (pedagang susu botol kontet), Chadidjah (penjahit), Tasem (pedagang sayur.

Baca Juga:  Pelantang Siap Dampingi PBB Hadapi Pilkada SerentakSRIBERNEWS--Ketua Umum Pelantang (Pemuda Bulan Bintang) Ali Nurhakim mengatakan pihaknya siap mendamping Partai Bulan Bintang menghadapi Pilkada serentak dengan cara membenahi keberadaan fasilitas Pelantang di tiap kecamatan sehingga bisa berkoalisi dengan parpol lain. “Kita baru siapkan 4 jurkam milenial yakni Ali Nurhakim, Diah Bardiah, Jihan Ralibi, Safril Koto,” ujarnya di Markas Pelantang, Jakarta Selatan, Jumat, 31 Juli 2020. Pihaknya merasa bersyukur milenial PBB di Bogor tetap memiliki kebersamaan tanpa intervensi drai pihaknya maupun DPC Pleantang Bogor. Pada Sabtu, 1 Agustus 2020 Pelantang mengadakan pemotongan sapi kurban di Priangan Timur, Pangandaran, dengan Panitia Indra Mahmud. Hadir antara lain La Nyala (Ketua DPD RI), Ir Afriansyah Noor (Sekjen PBB), Sukmo Harsono (Calon Dubes Panama), Husni Jumat, Solihin Pure (Panitia), Azlani Kelana (Mantan Pimpinan Pelantang) Nandang, Henri, Rani, Novel, Mahadi, Oman Pejagal. MAHDI/S1

Dikatakan, setiap bulan Ramadhan, ditemukan buadaya Tunggek (budaya wisata nongkrong kaum pemulung /gepeng (gelandangan pengemis) di pinggir jalan jalan raya utama kota besar yang banyak dilalui mobil. Sebagian nya ada keluarga yang menggunakan gerobak. Biasanya mereka ini merupakan pendatang yang dikoordinirdan dibisniskan oknum tertetnu. Kadang mereka disidak Satpol PP dan diangkut ke Panti Depsos.

DomaiNesia

Menurut Amir, untuk menghilangkan citra dunia Islam yang kumuh miskin, maka koordinator bisnis Tunggek ini harus dipisahkan dengan gepengnya. “Yakinkan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Kita beri kail bukan ikan, dengan dampingan ilmu dan modal sehingga mandiri,” kata Amir.
Saat pandemi C 19 merebak, masyarakat terpaksa di rumah saja. Hal ini dapat membuat mereka terhindar dari korban riba konglomerat. Unit bisnis yang dikelola ACT seperti UMI (Usaha Mikro Indonesya) atau (Usaha Membantu Indonesia) yang dikoordinir ustaz Ahyudin (Abul Umahat) sangat membantu niaga para ibu pejuang yang suaminya terpapar PHK. MAHDI/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan