Bahkan, Salat Anies pun Jadi Perhatian Publik

  • Bagikan
Anis shalat
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS—Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seperti sebuah magnet. Apaun yang dia lakukan selalu menjadi perhatian publik, tentu dengan berbagai alasan. Salah satunya momen ketika ia menjadi imam salat maghrib di musala yang ada di Polda Metro Jaya.

Memimpin salat bukan hal baru bagi Anies, bahkan, menjadi hal yang sangat biasa. Namun, momen ia memimpin salat maghrib kali ini menjadi istimewa dan menyedot perhatian publik.
Pasalnya, ia memimpin shalat di sela-sela pemeriksaan dirinya di Polda Metro Jaya terkait pelanggaran protokol kesehatan dalam helatan akbar di kediaman Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

DomaiNesia

Saat rakaat pertama Anies membacakan surat al Insyrah, sementara di rakaat kedua dia membaca surat al Baqarah 286. Kedua bacaan surat ini ditengarai menyebabkan video berisi salat tersebut viral karena surat tersebut merupakan surat tentang kelapangan dada, kesulitan, dan pertolongan Allah saat Rasulullah dalam kesulitan. Surat ini sering dibaca dan menjadi pelipur lara ketika seorang mukmin sedang dalam kesulitan dan kesedihan.

Baca Juga:  Galaxy A12 Tampil Awesome dengan Performa Dahsyat Di Akhir Tahun 2020

Dengan membaca surat ini sebagian netizen menangkap hal itu sebagai suara batin Anies. Video ini viral di medsos terutama di Whatsapp Group (WAG), Twitter, dn Facebook. Simpati pun mengalir untuk Anies.

“Maghrib ini, menyimak bacaan imam dahsyatnya kalam ini, tak kuasa air mata menitik lembut,” kata Khairuddin Safri, fotografer Anies Baswedan, dalam aku Facebooknya. sebagaimana dikutip Republika.co, Rabu, 18 November 2020. Tautan unggahan Facebook tersebut banyak dikutip media, dan juga banyak dibagikan di Twitter.

Sebagaimana diketahui, Anies diperiksa di Polda Metro Jaya selama lebih kurang 9 jam dengan 33 pertanyaan. Pemeriksaan itu sendiri mendapat banyak respon baik pro dan kontra. Respon bukan hanya datang dari netizen, juga para pakar. Beberapa pakar seperti Refly Harun menilai pemeriksaan tersebut tidak tepat.

Sementara itu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris mendoakan agar Anies selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Dia juga mengajak warga Jakarta untuk ikut mendoakan Anies.

Baca Juga:  Daihatsu Berkomitmen Produksi Mobil Ramah Lingkungan

“Hari ini, saya sebagai warga Jakarta ingin mengajak para sahabat, untuk mendoakan Pak Anies Baswedan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.. Al Faatihah..” tulis Fahira melalui akun Twitternya, @fahiraidris, Selasa, 17 November 2020.

Cuitan Fahira direspons banyak pengguna media sosial Twitter. Para netizen ikut mendoakan Anies Baswedan.

“Semoga Allah selalu melindungi, menjaga dan menuntun pemimpin kami agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik serta amanah untuk warganya..Aamiiin….” tulis pemilik akun @Kemal1sk

Doa juga disampaikan pemilik akun @mas_aryo78. “Saya sebagai warga DKI selalu medoakan keselamatan kesehatan dan perlindungan buat Pak Anies Baswedan,” tulisnya.

Ucapan doa juga disampaikan sejumlah netizen yang mengaku tinggal di luar Jakarta. Salah satunya pemilik akun @andriyani010. “Saya warga Jabar ikut mendoakan beliau Bapak Anies Baswedan semoga selalu dalam lindungan-Nya…aamiin,” tulisnya.

Berikut arti Asy-Syarh Alam Nasyroh) yang dibaca Anies di rakaat pertama:

Baca Juga:  2249 TPS Tidak Dapat Melakukan Pemungutan Suara

1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?

2. Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu

3. Yang memberatkan punggungmu

4. Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu

5. Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan

6. Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.

7. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)

8. Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

Sementara itu, arrtiBacaan di rakaat kedua akhir surat Al-Baqarah ayat 286 “

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” RAG /S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan