Habib Rizieq Shihab Negatif Covid

  • Bagikan
IMG 20201123 WA0001
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Imam Besar Front Pembela Islam ((FPI) Habib Rizieq Shihab beserta keluarga sudah menjalani tes swab Covid-19 secara mandiri. Hasilnya, negatif Covid-19.

“Keterangan hasil test swab mandiri dari HRS dan keluarga kemarin, tadi dinyatakan negatif, alhamdulillah,” ujar Aziz , Senin 23 November 2020.

DomaiNesia

Aziz mengatakan bukti medis hasil test merupakan privasi dari HRS dan akan diungkap berdasarkan arahan HRS.

HRS sendiri diberitakan sakit usai menggelar sejumlah acara.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono mengatakan pihaknya bersama sejumlah elemen keamanan lain mengunjungi kediaman Rizieq Shihab, Sabtu malam 21 November 2020.

Kedatangannya ke sana tak ditemui langsung HRS.

“Jadi begini saya beserta tiga pilar dari kepolisian dan koramil dengan Satpol PP dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa baru saja mendatangi rumah beliau. Karena kan sekarang ini yang beredar kan Pak Habib nih sakit nih kami ke sana. Tetapi tidak bisa langsung ketemu dengan beliau. Kami ketemu dengan salah satu petugas yang ada di situ, yaitu Ustad Yono,” terang Margiyono, Minggu, 22 November sebagaimana dilansir Liputan6.com.

Baca Juga:  Sidang Jumhur Hidayat: Saat Melapor BAP Sudah Dibuat Penyidik

Di sana, pihaknya pun meminta HRS melakukan swab test lantaran sakit. Saran itu diterima oleh pihak Rizieq namun belum pasti akan kapan dilakukan

Sementara itu, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengimbau masyarakat yang hadir di acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab agar melakukan isolasi mandiri.

Hal ini menyusul adanya puluhan masyarakat yang hadir di acara Rizieq Shihab baik baik di Tebet maupun di Petamburan, positif Covid-19.

“Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapa pun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” kata Budi dalam konferensi pers, Minggu , 22 November 2020

Baca Juga:  KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Statusnya Ditentukan dalam Waktu 1 x 24 Jam

Jika selama proses isolasi muncul gejala Covid-19, seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta hilang indra penciuman dan perasa, dirinya meminta agar masyarakat yang hadir di acara Rizieq Shihab segera datangi fasilitas kesehatan.

“Kunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap atau PCR test,” jelas dia.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir menambahkan, ketersediaan tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini masih berada di angka 50 persen. Ini menunjukkan, rumah sakit masih bisa menampung pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan hingga 50 persen.

“MNamun, bilamana terjadi kenaikan pasien hingga 50 sampai 100 persen, maka Kemenkes telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambah kapasitas ruang perawatan Covid-19.

Baca Juga:  Gempa Guncang Banten, Getaran Hingga Jakarta

“Tentunya menambah ruang isolasi dan juga ruang ICU,” jelas Abdul.

Selain tempat tidur, stok obat untuk pasien Covid-19 masih aman. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol keshatan 3M. Yakni, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun.

Hal ini sangat penting untuk memutus rantai penularan Covid-19. DBS/ S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan