Partai Demokratn Heran Pemenang Tender Dana Bansos Ditunjuk Langsung

  • Bagikan
Screenshot 20201221 223704 1
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Perkembangan
Kasus korupsi dengan tersangka Menteri Sosial Juliari Batubara mendapat respon banyak pihak.
Salah satunya terkait pihak pengadaan goody bag bansos. Menjadi perhatian publik karena ditengarai menyeret nama anak Jokowi, Gibran Rakabuming

Gibran, dalam laporan majalah Tempo, disebut merekomendasikan PT Arsitek untuk pengadaan tas bansos. Akibatnya PT Sritex mengadakan barang tanpa tender.

DomaiNesia

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon merasa heran dengan pengakuan pihak PT Sri Rejeki Isman Tekstil Tbk atau Sritex yang menggarap goodie bag untuk Bansos Covid-19 melalui penunjukan langsung oleh Kemensos tanpa proses tender.

“Sementara terkait jumlah tas Bansos dan nilai pekerjaan yang digarap PT Sritex, Joy mengaku tak bisa mengungkapkan karena dalam kontrak dinyatakan tak bisa diungkapkan ke publik. Inikan bukan jenis pengadaan bersifat rahasia @BPKRI @KPK_RI?” kata Jansen Sitindaon.

Baca Juga:  Resmi, Haji Indonesia Tahun Ini Ditiadakan

Menurut Jansen, pengadaan barang dan jasa yang bersifat rahasia itu ada aturannya yakni Peraturan Presiden 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Atas dasar itulah, pengadaan goodie bag atau tas jinjingan untuk wadah sembako Bansos Covid-19 dinilainya bukan kategori barang rahasia.

“Pengadaan barang bersifat rahasia bukannya tidak ada, ada! Itu aturan dan jenisnya. Tapi pengadaan ‘goodie bag/tas jinjing belanjaan’ ya bukan termasuk jenis yang rahasialah,” tandasnya sambil menautkan Peraturan Presiden 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan mengetahui Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK-RI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI).

PT Sritex sebelumnya membenarkanpihaknya mendapatkan kontrak dan menggarap goodie bag untuk Bansos Covid-19 dari Kemensos langsung tanpa proses tender.

Baca Juga:  PSBB DKI Diperpanjang Hingga 30 Juli 2020

“Benar kita memang supply. Waktu itu di-approach Kemensos mengenai pengadaan. Sempat ada publikasinya, mereka tadinya harusnya di-supply sama perusahaan lain, tapi kesulitan sama bahan baku karena impor,” ujar Head of Corporate Communication PT Sritex, Joy Disutradarai.

Namun, terkait penunjukan PT Sritex dan mendapat kontrak atas rekomendasi anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, pihak Sritex membantah.

“Kalau pertanyaan besarnya kan, ‘Apakah kita (PT Sritex) direkomendasi Gibran atau enggak?’ Jawabannya enggak,” kata Joy.DBS/1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan