Dengan F1QR, Lanal Batam Amankan Industri Maritim dan Pariwisata

  • Bagikan
Lanal
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Kiprah Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam sangat dibutuhkan untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan industri maritim dan pariwisata di Pulau Batam. Untuk itulah Lanal Batam secara rutin menggelar Latihan Fleet One Quick Response (F1QR).
Demikian terungkap dalam penjelasan Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri KMM dalam “Cerita dari Laut” Episode 4 LANAL BATAM yang dikutip MoeslimChoice.com dari YouTube, Kamis (31/12/2020).
Dikemukakan Danlanal, Lanal Batam secara rutin menggelar Latihan F1QR untuk menyiapkan kesiapsiagaan personel maupun alutsista. Karena di bulan Desember, cuaca cukup ekstrem yang memasuki Musim Angin Barat, di mana terjadi gelombang tinggi sehingga rawan kecelakaan di laut.
“Yang disiapkan adalah personel dan alutsista. Sehingga begitu menerima informasi kejadian, kita bisa menggerakkan personel dan alutsista ke lokasi. Yang kita kenal di Armada dengan istilah quick response atau gerak cepat,” kata Danlanal.
Saat ditanya apa yang dimaksud dengan F1QR, Danlanal Batam mengatakan,”F1QR adalah koordinasi atau manajerial untuk memutus birokrasi sementara waktu, sehingga pergerakan kita cepat menuju lokasi kejadian.”
Sementara itu tiba-tiba datang Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Batam Osman Hasyim, untuk mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Batam. Karena Tim F1QR Lanal Batam telah berhasil memberikan bantuan dengan sangat cepat. Bahkan kurang dari satu jam, semua kru sudah dievakuasi dari kapal yang kecelakaan.
Osman mengatakan, kehadiran F1QR Lanal Batam ini sangat diperlukan.
“Karena Batam ini tidak mempunyai sumber daya alam kecuali laut yang strategis. Untuk itu kami harapkan, F1QR ini mampu memberikan rasa aman dan nyaman di dunia industri maritim kita,” tambah Osman.
Di samping mengamankan perairan Kepulauan Riau dari tindak kejahatan, melalui F1QE prajurit Lanal Batam bertanggung jawab menjaga keamanan objek-objek wisata. Salah satunya adalah Kepri Coral.
Info lebih lengkap mengenai Lanal Batam dapat disaksikan di Video “Cerita dari Laut Eps 4 LANAL BATAM” di YouTube. HERS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan