Soal Pembubaran, Front Pembela Islam Batal Gugat ke PTUN

  • Bagikan
aziz yuanuar FPI
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab menyatakan batal mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negaraa (PTUN) terkait penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) enam menteri dan kepala lembaga mengenai pembubaran Front Pembela (FPI).
Sebelumnya mereka berniat mengkaji pilihan langkah hukum yang bakal ditempuh untuk merespons keputusan pemerintah, yang resmi membubarkan organisasi tersebut. Salah satunya dengan mengajukan gugatan ke PTUN.
“Kami batalkan rencana (gugat) PTUN, karena kami duga SKB itu adalah kotoran peradaban, sehingga tanggapan kami adalah bahwa kotoran itu kami buang saja di septictank,” kata anggota tim kuasa hukum, Aziz Yanuar sebagaimana dilansir CNN Indonesia, Kamis,31 Desember 2020.
Menurut Aziz, pihaknya tidak akan lagi mengambil langkah hukum terkait pembubaran FPI. Ia menyebut, untuk sementara waktu pihaknya bakal fokus dalam penyelesaian masalah insiden tewasnya enam orang laskar FPI.
“Kemudian kalau masalah langkah kedepannya, ya tetap kita meminta dan mengawal untuk Komnas HAM mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM berat atas pembantaian 6 laskar syuhada FPI,” ujarnya.
Aziz mengatakan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab sejak awal sudah menduga jika pemerintah bakal membubarkan FPI. Ia juga mengatakan Rizieq meminta para simpatisan FPI untuk tenang menyikapi polemik pembubaran ini.
“Kemarin kan saya ketemu, saya kasih tahu, (responsnya) biasa saja, ‘Tenang aja, bikin baru’, begitu aja,” kata Aziz menirukan ucapan Rizieq.
Pemerintah sebelumnya mengumumkan pelarangan FPI berdasar Surat Keputusan Bersama Mendagri, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala BNPT Nomor220/4780tahun 2020, Nomor 264 Tahun 2020, Kb/3/12/2020 tentang larangan kegiatan penggunaan simbol dan atribut serta penghentian FPI.
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut FPI sebagai organisasi terlarang dan tak lagi memiliki legal standing baik sebagai ormas maupun organisasi biasa. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan