Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Habib Rizieq Shihab

  • Bagikan
IMG 20210112 WA0001
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan yang diajukan pihak Habib Rizieq.

“Mengadili, menolak permohonan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya,”
kata Hakim Tunggal Akhmad Sayuti saat membacakan putusan di PN Jaksel, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Januari 2021.

DomaiNesia

Dalam kasus ini, kuasa hukum Habib Rizieq menilai penetapan tersangka kepada kliennya tidak sah karena pasal yang digunakan tidak memiliki bukti. Mereka meminta agar Habib Rizieq segera dibebaskan dari tahanan.

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka penghasutan dengan Pasal 160 dan 216 KUHP dalam kasus kerumunan saat acara pernikahan putrinya dan Maulid Nabi pada 14 November 2020. Kini ia masih ditahan di Polda Metro Jaya.

Menurut Hakim, rangkaian penyidikan oleh pihak kepolisian terkait kerumunan di rumah Rizieq di Jalan Petamburan, Jakarta Pusat pada November lalu sudah sah.

Baca Juga:  Amin Rais: Umat Islam Harus Tolak Gerakan Wakaf Uang

Sayuti menilai peningkatan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan oleh penyidik telah sesuai aturan.

“Menimbang bahwa dari alat bukti saksi dan para ahli serta barang bukti di atas maka hakim berpendapat penetapan tersangka telah didukung dengan alat bukti yang sah,” kata Sayuti.

Sayuti mengatakan, penyidik telah mendapatkan bukti-bukti dan menerima keterangan dari sejumlah ahli sebelum menetapkan tersangka.

Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Hengki mengatakan, kasus penghasutan dan kerumunan dengan tersangka Rizieq Shihab, akan berlanjut ke tingkat kejaksaan.

“Proses hukum selanjutnya adalah dari penyidik tentunya akan menyerahkan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dilakukan, diteliti dan dilaksanakan tentunya nanti di sidang terkait masalah materi pokok perkara,” ujar Hengki kepada wartawan seusai putusan sidang. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan