DPR Sahkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

  • Bagikan
listyo
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Rapat paripurna DPR DPR RI mengesahkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri dalam Sidang Paripurna di Gedung DPR< Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Januari 2021.
Keputusan tersebut sesuai dengan laporan Komisi III DPR terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri.
Rapat yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani dihadiri 91 anggota DPR secara fisik, 204 anggota melalui virtual, dan 47 izin tidak hadir.
Sebelum pengesahan dan pelantikan, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni membacakan laporan komisi soal proses persetujuan terhadap Komjen Sigit sebagai Kapolri.
Proses fit and proper test dilaksanakan dari proses penerimaan informasi termasuk dari PPATK dan Kompolnas, proses makalah, serta wawancara dan tanya jawab. Hasilnya, semua fraksi di Komisi III menyetujui usulan dari presiden untuk memberhentikan Idham Azis dan mengangkat Komjen Sigit.
Sebelumnya, pada uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri yang dilaksanakan, Rabu, 20 Januari 2021, makalah Komjen Listyo Sigit berjudul Transformasi Menuju Polri yang Presisi mendapat banyak pujian dari fraksi-fraksi di Komisi III DPR. Misalnya, Anggota Komisi III dari Fraksi PKS Achmad Dimyati mengatakan, makalah tersebut mendapat skor sembilan dari 10.

Baca Juga:  Canon Raih Penghargaan Indonesia Digital Marketing Champions 2020

Walaupun demikian, Fraksi Partai Demokrat memberikan tujuh catatan untuk Komjen Listyo Sigit saat menjabat posisi tertinggi di Kepolisian RI. Salah satunya yaitu, Listyo harus mampu membawa citra baru Polri ke masyarakat. HERS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan