STII-OK OC Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Cair

  • Bagikan
ok ok
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Serikat Tani Islam Indonesia (STII) bekerjasama denan OK OC mengegelar pelatihan pembuatan sabun cair di Menara Dakwa, jakarta Pusat, Sabtu, 13 Februari 2021.
Peelatihan diikuti 20 peserta. “Peserta memang terbatas, agar kita fokus dan lebih maksimal,” ujar Elva, Wakil Ketua Umum STII.
Menurut Elva, kegiatan seperti ini selain memberi ketrampilan kepada peserta, juga yang terutama dalam upaya membangun lapangan kerja. Dari pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya. Sebagian peserta kemudian menjadi sebagai salah satu usaha menopang perekonomian keluarga. Ada yang memasarkan dagangan mereka melalui media sosial, dan ada pula yang menjadi supplier sabun.
“Paling tidak, peserta dapat mempraktekkannya untuk keluarga sendiri. Kalau tidak mau, bisa mengajarkannya kepada orang lain sehingga orang lan dapat terbantu, dan juga menjadi amal jariyah,” kata Elva yang juga merupakan ketua OK OC STMII .
Akan halnya keberadaan STII, menurut Jamil Hakim, salah seorang pengurus STII, merupakan lembaga yang konsen membantu kalangan petani. Dalam sejarahnya STII merupakan salah satu sayap Masyumi.
Pertanian merupakan salah satu sektor yang pentign di Indoensia, dan keberadaan petani ada di seluruh Indonesia. Dengan demikian, ruang lingkup STII untuk berbuat banyak bagi para petani, termasuk dengan bekerjasama dengan pihak lain sangat penting dan terbuka luas.
“Kita berupaya membantu membangun masyarakat agar mau berusaha untuk kehidupan mereka. Salah satunya dengan pembuatan sabun,” kata Jamil.
Pelatihan kali ini diikuti peserta dari Jabodetabek. Meski baru pertama bertemu, para peserta langsung merasa akrab. Kegiatan dilakukan secara berkelompok. Mereka sangat antusiaa dna mengikuti instruksi yang diberikan Elva dan Ega.
“Waah, ternyata ini pengentalnya. Hasilnya bagus banget ya,” kata Faridah, peserta dari
Untuk pembuatan sabun dibutuhkan bahan dasar Texapon, Sodium Lauret Sulfat (SLS), gara industri, pewangi, pengikat wangi, dan pelembut. Proses pembuatannya sederhana, dan mudah dilakukan. HERS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan