Waspada! BMKG Prediksi Potensi Hujan Lebat hingga 23 – 24 Februari 2021

  • Bagikan
prediksi hujan
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS-Warga diminta waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih ada potensi hujan dengan intensitas lebat di Jabodetabek dan beberapa wilayah provinsi lainnya yang diperkirakan berlangsung hingga 23 Januari mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengatakan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

DomaiNesia

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Kepala BMKG Dwikorina Karnawati mengatakan untuk periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas rignan-sedang. “Namun tangal 21 Februari, intensitas hujan menjadi rendah. Energinya nampak sudah terlepas untuk hari ini,” kata dia. Tapi pada tanggal 22 Februari, Jadabodetabek mulai terbentuk peningkatan intensitas hujan meski dalam kondisi ringan.

Baca Juga:  Canon dan DOSS Adakan Lelang Kamera untuk Donasi Korban Bencana NTT

Kepala pusat meteorologi publik BMKG Fachri Radjab mengungkapkan tanggal 23 itu intensitas hujan 24 jam, intensitas sedang hingga lebat. Perlu menjadi kewaspadaan kita, terutama di Selatan jabodetabek, ada potensi banjir.

Menurut Fahri, pada tanggal 23 Februaria hujan yang turun tidak selebat hujan yang jatuh pada sejak Jumat, 19 Februari hingga Sabtu,20 Februari 2021. “Kalau dari jumlah curah hujan lebat bahkan sangat lebat, tapi tidak selebat yang terjadi selama 24 jam terakhir,” ucapnya. DBS/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan