Hujan Sabtu Dini Hari hingga Malam, Ribuan Rumah dan Bangunan Umum Masih Terendam,

  • Bagikan
banjir hjakarta
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Hujan yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu, 20 Februari, dini hari hingga sore hari menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah titik. Demikian pula dengan kawasan penyangga seperti bodetabek tak saja ada genangan air, juga banjir.

Di kawasan Bekasi, kompleks Bumi Nasio air mencapai 1 meter, bahkan mecapai leher orang dewasa. Rendaman air juga terjadi di underpass Cawang, tol Lingkar Luar (JORR). Demikian pula kawasan jati Asih, Bekasi, dan Pesanggrahan, dan Jalan Kemang Raya, TB Simatupang, Jakarta Selatan juga terendam banjir.

DomaiNesia

Tak hanya itu, kawasan Pancoran, Depok dan beberapa wilayah juga terjadi genangan yang cukup tinggi. Tembok Madrasah Islam Negeri (MIN) 6, Jagakarsa, Jakarta Selatan roboh akibat tak kuat menahan banjir di dalam madrasah pada Sabtu, 20 Februari 2021 dini hari. Petugas Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Jagakarsa, Yogi mengatakan, tembok MIN 6 yang roboh sepanjang kurang lebih 30 meter. “ Tembok roboh menimpa sejumlah rumah warga. Ada teras rumah warga yang tertimpa,” ujar Yogi.

Di DKI Jakarta, berdasarkan data BPBD Provinsi DKI Jakarta hingga Sabtu pukul 06.00 WIB, sejumlah wilayah di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat masih terdampak genangan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto memaparkan, di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak, terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40-180 cm, dan 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Serta di Jakarta Barat sejumlah 4 RW dan 6 RT terdampak.

Sementara di Jakarta Selatan sebanyak 29 RW terdampak, terdiri atas 44 RT, dengan ketinggian 40-150 cm, dan terdapat pengungsi sebanyak 7 KK dengan total 19 jiwa.

Baca Juga:  Apresiasi Pelanggan Setia, 3 Indonesia Beri Tambahan Kuota hingga 5GB Setiap Isi Ulang Kuota

“Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak, dengan persentase RT terdampak sebesar 0,633 persen,” kata Sabdo dalam keterangan tertulis, Sabtu pagi.

Total jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa. Sejumlah wilayah yang masih terdampak tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan dan luapan Kali Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan, serta luapan PHB Sulaiman, Kali Sunter, Kali Cipinang di Jakarta Timur.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kondisi genangan sedang ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air, Damkar, dan PPSU Kelurahan yang ditargetkan akan surut dalam waktu cepat. Pihaknya juga masih mengerahkan personel untuk memantau situasi di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan.

Masih dari Jakarta Seatan, dinding MIN 6 Jagakarsa romboh, tak kuat menahan banjir di dalam madrasah . Petugas Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Jagakarsa, Yogi mengatakan, tembok MIN 6 yang roboh sepanjang kurang lebih 30 meter. Halaman MIN 6 juga tergenang banjir setinggi sekitar 70 centimeter.

Hujan Deras yang mengguyur sejak Sabtu, 20 Februari ini juga membuat sejumlah titik di Tangerang Selatan tergenang banjir. Kepala Seksi Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel Essa Nugraha mengatakan, ada 22 titik tergenang banjir berdasarkan data pukul 06.20 WIB.

Ada tiga titik dengan genangan tertinggi mencapai 1,5 meter, yakni di Kampung Bulak, Pondok Maharta dan Kampung Kayu gede pakujaya. BPBD Tangsel pun telah turun ke titik tertinggi wilayah banjir ini.

Berikut daftar 22 titik banjir di Tangsel berdasarkan laporan BPBD setempat: 1. Tembok Bolong, Rempoa, Ciputat Timur 2. Kp. Bulak Pondok Kacang Timur, Pondok Aren 3. Pondok Maharta, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren 4. Villa Mutiara, Jelupang, Serpong Utara 5. Kp. Kayu gede, Paku Jaya, Serpong Utara 6. BPI, Pamulang.

Baca Juga:  Hari Kesehatan Sedunia: Mari Berkomitmen Tetap Bugar

Selain itu, 7. Perumahan Pondok Pakulonan, Pakualam, Serpong Utara 8. Payung Mas, Ciputat 9. Perumahan Jurangmangu Permai, Pondok Aren 10. Perumahan Pondok Safari, Pondok Aren 11. Perumahan Taman Mangu Indah, Pondok Aren 12. Jalan Ceger, Gang Sejahtera RT 02/05, Jurang Mangu Timur Pondok Aren 13. Perumahan Cireundeu Permai, Cireundeu, Ciputat Timur 14. Perumahan Reni Jaya, Pamulang
15. Cluster Nusa Indah Loka, Graha Raya Bintaro, Pakujaya, Serpong Utara 16. Perumahan Pondok Kacang Prima, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren 17. Kantor Kelurahan Jurbar, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren 18. Perumahan Puri Bintaro Indah, Rawalele Jombang, Ciputat 19. Perumahan Graha Serpong, Lengkong Wetan, Serpong 20. Perumahan Ciputat Baru, KP Sawah, Ciputat 21. Jln Lembah 1 RT 004/06, Cireundeu, Ciputat Timur 22. Perumahan Pondok Hijau, Pisangan, Ciputat Timur.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Serta melaporkan jika menemukan genangan/banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak.

Banjir di Ruas Tol

Terkait rendaman yang melanda sejumlah kawasan di tol , Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengatakankan PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera melakukan penanganan di beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga.

Baca Juga:  OPPO Serahkan Donasi Terakhir #SejernihDepanMata ke Dompet Dhuafa

Titik-titik tersebut adalah:

JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK
Arah Jakarta:
– Km 09B, saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
– Akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede.
– Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.
– GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi
– GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi

JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG
Arah Tangerang:
– SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang, danditangani dengan pompa.
– Km 24 A, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

JALAN TOL JORR: PONDOK RANJI-SERPONG
Arah Serpong:
– KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

JALAN TOL JAGORAWI:
Arah Jakarta:
– Km 3+800, saat ini L3 dan L4 dapat dilintasi. Jasa Marga melakukan pemasangan tanggul dan penanganan dengan pompa.

JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA
Arah Tj Priok:
KM 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota. DBS/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan