Senin Dini Hari Semua Titik Banjir Jakarta 100 Persen Surut, Bekasi Tangerang Masih Banjir

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan semua titik banjir di Jakarta telah surut 100 persen pada Senin, 22 Februari 2021 pukul 03.00 dini hari. Sementara pada saat yang sama di Bekasi, Tangerang, Depok banjir belum surut.

“Hari Senin dini hari jam 3 pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut,” kata Anie dalam dalam video yang diunggah Youtobe, Senin, 22 Februari 2021.

DomaiNesia

Banjir bisa tertangani sehari setelah bencana banjir terjadi. Setidaknya pada Minggu, 21 Desember 2021, sudah 99 persen wilayah banjir berhasil kering.

“Alhamdulillah atas izin Allah, bi idznillah pada hari Minggu satu hari kemudian, 99,9 persen surut,” ucap Anies.
Menurut Anies , surutnya banjir Jakarta merupakan kerja keras seluruh jajaran dari Pemprov DKI Jakarta sehingga banjir tidak berlangsung lama dan sudah tidak ada lagi titik banjir.

Baca Juga:  ASUS Segera Rilis Produk Gaming Baru

Dengan demikian, aktivitas perekonomian di DKI Jakarta pada hari ini tidak terganggu oleh bencana banjir. “Jadi alhamdulillah hari Senin pagi seluruh kegiatan perekonomian kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun akibat curah hujan ekstrem pada hari Sabtu yang lalu,” kata dia.

Menurut Anies, banjir terjadi karena wilayah Jabodetabek rata diguyur hujan dengan intensitas hujan ekstrem di atas 150 milimeter per hari. Kategorinya ekstrem, di Jakarta sampai 226 mili.

Sementara itu, banjir masih merendam 13 kecamatan daritotal 19 kecamatan.

“Banjir surut di Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Setu, dan Serang Baru,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, melalui keterangannya pada Senin,22 Desember 2021.
Banjir dengan ketinggian bervariasi Banjir terparah masih merendam Kecamatan Kedungwaringin dan Kecamatan Pebayuran yang berlokasi di dekat aliran Sungai Citarum, dengan kedalaman banjir mencapai 2,5 meter.

Baca Juga:  Jakarta, Jabar, Jateng Mati Lampu

Sebagai informasi, tanggul Sungai Citarum di Pebayuran jebol membuat aliran sungai yang deras langsung membanjiri rumah-rumah warga dan memutus akses permukiman.

Tinjau Pintu Sir Manggarai
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Ahad, 21 Februari 2021.

Anies menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat, baik dari jajaran Pemprov DKI, hingga warga dan lembaga sosial yang ikut berkolaborasi menanggulangi genangan dan banjir, serta membantu warga terdampak.

Anies mengaku menyaksikan keluarga yang membawa kendaraan berhenti di lokasi genangan. Lalu menurunkan boks makanan, menyerahkan dan lalu pergi lagi.

“Tanpa ada upacara, tanpa ada dokumentasi, semata-mata membantu saudara. Ini terjadi begitu banyak,” ungkap Anies.

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan