H Atu Ansyori Fasilitasi Festival Budaya Bogor Timur

  • Bagikan
WhatsApp Image 2021 03 08 at 09.13.07
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Masyarakat Bogor Timur pada 25 – 27 Juni 2021 akan dihibur Festival Budaya Bogor Timur 2021. H Atu Ansyori, Kades Jatisari Bogor, akan memfasilitasi pelaksanaan Festival Budaya Bogor tersebut.

Festival digelar dalam rangka menyambut milad ke 538 tahun Bogor. Acara diselenggarakan oleh YAQIN (Yayasan Anugerah Qalam Indonesia) Pimpinan H Imansyah Hakim Al Rasyid, Kelompok Tabloid Alinea Baru Pimpinan Ahmad Setyo, dan Parahyanganpos Grup Pimpinan H Ismailutan yang juga Ketua Panitia, di GOR Jonggol, Bogor pada 25 – 27 Juni 2021.

DomaiNesia

Atu Ansyori yang juga sebagai Penasehat Panitia bersama Bupati Bogor Hj Ade Yasin bersyukur dengan kegiatan ini. Paling tidak, memancing semangat seni budaya, khususnya masyarakat di Jatisari, dan jangka panjang menyambut Pemekaran Kabupaten Bogor Timur yang mandiri dengan ibukotanya Jonggol yang pernah jadi referensi calon hijrah untuk Ibukota RI.

Baca Juga:  Banyak yang Keliru tentang Toxoplasma

Dengan pemekaran akan lebih optimistis mendapatkan pendanaan, lebih mudah bila kita meluaskan kerjasama wilayah dan Kementerian melibatkan Ditjen Kebudayaan seperti kegiatan musabaqoh karya tulis, Calung, Silat, bahkan, bila mungkin dengan Topeng Blantek, topeng Cariu, Tari Tani, Wayang Jonggol.

“Paduan suara marawis melibatkan daerah Suka Makmur, Ciangsana, Gunung Batu, dan hasilnya pun lebih optimal bisa berikan hadiah pada Kecamatan yang terbaik, apalagi didukung Putra Gara dari Dewan Kesenian Kabupaten Bogor, sehingga usai kegiatan bisa
dilanjutkan dengan Festival Budaya tahunan dan mendokumentasikan / membukukannya, “ujar Atu Ansyori pada Wartawan usai membekali rapat panitia Festival di kantor YAQIN di jalan Kampung Kubang 10 /05 Jatisari, Bogor Timur, 7 Maret 2021 siang.

Baca Juga:  Senin Dini Hari Semua Titik Banjir Jakarta 100 Persen Surut, Bekasi Tangerang Masih Banjir

Ketua Panitia H Ismail Lutan melanjutkan rapat panitia dengan peserta umumnya dari seniman sanggar dan wartawan dengan kegiatan utama membahas seminar, festival, dongeng, budaya Sunda, dan budaya Betawi.

Kegiatan seminar dikoordinasi Bambang Wudiatmoko (Dosen Universitas Mercubuana) dengan tema “Menelusuri Jejak Budaya Bogor Timur dalam Lintasan Sejarah, sementara Festival Budaya dikoordinasi bidang acara Denny Kadarusman (Ketua Umum Yayasan Anak Bangsa Indonesia). Kegiatan ini juga akan diisi pakar dongeng, menyajikan budaya Sunda dan Betawi Ora /Pinggiran.

“Acara Insyalah dibuka Bupati Bogor Hj Ade Yasin bersama Beben Suhendar (DPRD Bogor), fihak Pariwisata,” katanya.

Panitia juga akan melakukan audiensi ke 7kKecamatan se Bogor Timur untuk mendeteksi dan memberdayakan seni budaya pribumi yang masih bertahan hidup sebagai kearifan lokal menuju internasional.

Baca Juga:  Indonesia-Jepang Gelar Seminar Kesehatan

Dalam kondisipandemi Corona, kegiatan tetap dengan protokol kesehatan dan webinar. Bila memungkinkan ada bazar dan hiburan seni kontemporer Borosen (aneka permainan lomba hiburan ala Nyumar dengan simulasi kelas, bertahap peserta menebak narasi menggunakan catatan dan / ocehan dibantu tim pengawas dan wasit dari suguhan Sanggar Sastra aRlimaS Pimpinan Mahdi D. MAHDI/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan