ILUNI UI Berikan Dukungan Psikososial Untuk Warga Pekalongan

  • Bagikan
WhatsApp Image 2021 03 05 at 7.03.59 PM
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), melalui tim Community Disasters Response Team (Co-DRT) ILUNI UI Peduli, kembali memberikan dukungan psikososial untuk warga terdampak banjir. Kali ini, gabungan dari Alumni Peduli Center (APC) ILUNI UI, ILUNI Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI, ILUNI Resimen Mahasiswa (MENWA) UI, serta anggota MENWA UI menurunkan langsung tim ke daerah terdampak banjir di Pekalongan, Jawa Tengah.

Efek psikologis menjadi suatu hal yang tak terelakkan dalam setiap situasi bencana. Untuk itu, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyebutkan komitmen ILUNI UI untuk memberikan pertolongan psikologis bagi para penyintas bencana, termasuk banjir di Pekalongan. “Setiap bencana, umumnya memiliki risiko dampak psikologis bagi anak-anak, wanita, dan lansia. Oleh karena itu, kami tak hanya memberikan layanan kesehatan dan bantuan logistik, tapi juga bantuan psikososial,” ujar Andre dalam keterangan tertulis untuk media, Jumat, 5 Februari 2021.

DomaiNesia

Sejak 28 Februari hingga 4 Maret, tim Co-DRT ILUNI UI Peduli memberikan Psychological First Aids (PFA) secara berkelompok untuk anak-anak dan ibu-ibu. Ketua ILUNI UI sekaligus Koordinator ILUNI UI Peduli Endang Mariani menjelaskan, tim telah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan dukungan psikososial secara individual kepada warga yang membutuhkan. Dia memaparkan, warga Pekalongan ternyata menyimpan rasa frustrasi akibat banjir yang sudah mereka rasakan selama satu bulan penuh dan belum tahu kapan akan berakhir. “Apalagi pada masa pandemi ini, warga mengalami rasa takut akan sakit. Sementara akses ke layanan kesehatan menjadi tidak mudah, sehingga menambah persoalan psikologis yang dialami,” ujarnya.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona Capai 7135 orang

Tak hanya bantuan psikososial, Endang menambahkan, ILUNI FIK UI dan Binawan telah membentuk Tim Bantuan Medis (TBM) untuk memberikan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). TBM bertugas melakukan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis dengan mengunjungi warga di rumahnya masing-masing. Selain itu, tim Co-DRT ILUNI UI juga tetap memberikan bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan warga, terutama para lansia yang belum bisa keluar rumah.

“Keputusan ini merupakan hasil asesmen dan koordinasi yang dilakukan dengan berbagai pihak, khususnya BPBD Kabupaten Pekalongan, Koramil Wiradesa, Kodim 0710/Pekalongan dan UI Peduli,” imbuh dia.

Endang juga menjelaskan, bantuan logistik diberikan dengan layanan door to door khususnya untuk warga Desa Sijambe dan Pesanggrahan, Kecamatan Wonokerto. Selain itu tim juga membantu distribusi makanan siap saji dari beberapa dapur umum yang masih beroperasi, Bantuan itu disambut dengan antusiasme warga yang telah menantikan bentuk dukungan dan perhatian atas kondisi mereka. “Hal ini membuat kami juga bersyukur, bahwa apa yang kami lakukan memberikan manfaat bagi warga terdampak. Semoga segera ada jalan keluar, sehingga banjir tidak lagi menggenangi rumah-rumah warga,” harapnya.

Baca Juga:  Bintang ‘Gundala’ Sapa Heboh di MRT Dukuh Atas

Endang memaparkan rencana tim Co-DRT ILUNI UI Peduli untuk terus menurunkan bantuan tak hanya pada masa tanggap darurat, tapi juga rehabilitasi, rekonstruksi, hingga pemulihan. Setelah menyelesaikan misinya di Pekalongan, tim ILUNI UI Peduli Jawa Tengah yang dipimpin Ketua APC ILUNI UI Missi A. Lawalata akan melanjutkan perjalanan ke Kudus dan Pati untuk menjalankan misi yang sama, “Kami akan berusaha memberikan yang terbaik, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh ILUNI UI,” katanya. REL/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan