PN Jaksel gugurkan gugatan praperadilan Rizieq Shihab

  • Bagikan
Habib Rizieq Shihab saat mendatangi Markas Besar Kepolisian RI tahun lalu
Habib Rizieq Shihab saat mendatangi Markas Besar Kepolisian RI tahun lalu
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggugurkan gugatan praperadilan terkait penangkapan dan penahanan yang diajukan mantan pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan.

“Hakim berpendapat bahwa permohonan praperadilan yang diajukan pemohon haruslah dinyatakan gugur,” kata Hakim tunggal Suharno dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 17 Maret 2021.

DomaiNesia

Suharno berpendapat, pertimbangan yang membuat gugatan praperadilan itu dinyatakan gugur di antaranya sidang perkara pokok sudah berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Pendapat tersebut, lanjut dia, sesuai dengan pasal 82 ayat (1) huruf d Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) sehingga permohonan praperadilan yang diajukan Rizieq Shihab dinyatakan gugur.

Dengan gugurnya gugatan praperadilan itu, penangkapan dan penahanan Rizieq Shihab sesuai dengan prosedur, sehingga kasus yang sedang dijalani tetap dilanjutkan.

Baca Juga:  Mantan Sekum FPI dan Ketum PB HMI MPO Minta Polri Usut Kasus Kerumunan Presiden di Maumere

Sementara itu, pengacara Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menilai penafsiran hakim tunggal Suharno dalam putusan sidang itu keliru.

“Sebenarnya hakim tadi keliru menafsirkan putusan MK yang dinyatakan apabila perkara praperadilan belum selesai. Yang belum selesai dimaksud dari MK itu belum selesai pemeriksaan tahap demi tahap perkara praperadilan itu,” katanya.

Sedangkan perkara praperadilan sudah selesai dan sidang sekarang bukan lagi proses pemeriksaan, namun pembacaan putusan.

Rencananya, pihaknya akan mengajukan uji materi kepada Mahkamah Konstitusi (MK) tentang hak mengadili perkara praperadilan hakim tunggal minggu depan.

Sementara itu, Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Hengki mengatakan hasil praperadilan yang dinyatakan gugur tersebut sesuai dengan peraturan.

Baca Juga:  Kinerja Polisi Dipertanyakan : Cepat Tangkap Terduga Teroris Tapi Tak Dapat Temukan Harun Masiku

“Manakala pokok perkara sudah disidang yang dilaksanakan kemarin di PN Jakarta Timur, maka sesuai aturan yang berlaku praperadilan itu atau permohonan ini belum diputus, maka permohonan pemohon dinyatakan gugur,” katanya.

Polres Metro Jakarta Selatan mengerahkan sekitar 300 personel untuk mengamankan sidang praperadilan terkait penangkapan dan penahanan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Pengamanan standar saja, dalam artian tidak ada istimewa sebenarnya,” kata Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Antonius Agus Rahmanto di Jakarta, Rabu, 17 Maret 2021.

Menurut dia, personel bersiaga di ring tiga dan sekitar area PN Jakarta Selatan. Pengamanan juga didukung petugas dari Polsek terdekat dan Polda Metro Jaya namun sifatnya biasa.
Dalam pengamanan itu juga melibatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) sebagai bagian prosedur tetap (protap).

Baca Juga:  Prudential Luncurkan Asuransi Jwa Syariah PRUCinta

“Protap itu harus ada. Setiap kali sidang selalu ada itu (Damkar), jadi protap biasa hanya untuk antisipasi saja menjaga hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Polisi juga tidak melakukan penyekatan di sekitar area PN Jakarta Selatan dan hanya melakukan pemantauan jalur di sekitar lokasi. ANTARA/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan