IFG Lantik 100 Agen Perubahan Untuk Akselerasi Implementasi Nilai AHKLAK

  • Bagikan
IMG 8982 scaled
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) (Persero) atau akrab disebut Indonesia Financial Group (IFG) melantik 100 orang agen perubahan (agent of change) yang berasal dari setiap anak perusahaan.

Hal ini terkait dengan peran IFG yang merupakan BUMN holding Penjaminan dan Perasuransian serta Investasi sebagai koordinator implementasi dan internalisasi tata nilai (core values) AKHLAK yang ditetapkan Kementerian BUMN pada Juli 2020.

DomaiNesia

“Tata nilai AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif adalah pedoman perilaku dan kode etik bagi insan BUMN dan termasuk di lingkungan IFG yang beranggotakan 9 perusahaan supaya memiliki daya saing kuat dalam menghadapi dinamika perkembangan industri,” kata Direktur Utama IFG, Robertus Billitea.

Baca Juga:  Tiga Tokoh Kartun Cartoon Network Hadir di Mal Pluit Village

Robertus Billitea mengatakan berbagai langkah dan upaya dalam rangka terus belajar dan mendewasakan diri supaya perilaku insan BUMN khususnya di lingkungan IFG bersama perusahaan-perusahaan anggota bisa sejalan dengan nilai AKHLAK terus dilakukan. Pada tahun 2020, misalnya, program implementasi budaya di lingkungan IFG telah dijalankan di antaranya Cross Leader Talk, Ngopi Bareng IFG, serta penandatanganan komitmen AKHLAK.

”Pada tahun 2021, IFG sebagai koordinator implementasi dan internalisasi nilai utama AKHLAK telah melakukan survey maturity level yang dibantu oleh konsultan pendamping untuk melihat tingkat pemahaman setiap karyawan terkait bagaimana nilai AKHLAK hidup dalam keseharian pekerjaan kita,” ucap Robertus Billitea.

Dari hasil survey tersebut menghasilkan kesimpulan diperlukan tokoh penggerak serta langkah akselerasi agar tata nilai AKHLAK dapat diselaraskan ke dalam kesisteman korporasi. Maka dilakukan sistem seleksi untuk mencari para tokoh penggerak dimaksud di masing-masing 10 anggota holding IFG.

Baca Juga:  Unilever Indonesia-PMI Kolaboasi Atasi Covid 19

Dari hasil seleksi kemudian terpilih 100 karyawan yang masuk dalam kriteria “most influential person” yang diharapkan mampu menggerakkan karyawan lainnya untuk menunjukkan perilaku AKHLAK dalam kesehariannya.

”Hari ini IFG melantik 100 agen perubahan sebagai perwakilan karyawan dari 10 perusahaan di IFG holding dan anggota holding perasuransian dan penjaminan. Di tangan mereka kita percaya bahwa proses akselerasi implementasi budaya dapat terjadi,” katanya.

Angka 100 memang bukan angka yang ideal dengan melihat populasi karyawan yang berjumlah kurang lebih 5400 orang. Namun 100 karyawan yang telah kita rekrut dengan kapabilitas yang dimiliki diharapkan menjadi 100 most influential person yang menggerakkan karyawan untuk menunjukkan perilaku AKHLAK dalam kesehariannya. REL/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan