Pengacara HRS Protes Wartawan dilarang Liput Sidang

  • Bagikan
sidang HRS
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Pengacara Habib Rizieq Shihab melakukan protes kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) karena media dilarang meliput langsung jalannya sidang pembacaan nota keberapan (eksepsi ) Habib Rizieq Shihab.

“Sidang Habib sidang Rizieq merupakan sidang terbuka untuk umum, sehingga publik berhak tahu dan melakukan fungsi kontrol atas persidangan ini ,”kata pengacara Habib Rizieq Sugito Atmo Prawiro dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 26 Maret 2021.

DomaiNesia

Menurut dia, majelis hakim meminta pihak pengacara menyampaikan hal ini kepada pihak humas pengadilan padahal kewenangan berada pada majelis hakim.

Jalannya sidang Habib Rizieq saat pembacaan eksepsi dalam kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung tidak bisa dipantau baik secara langsung maupun melalui siaran virtual.

Habib Rizieq tiba di pengadilan pada pukul 08.25 WIB, Jumat, 26 Maret 2021. Setelah itu , pintu gerbang PN Jaktim ditutup dan dijaga barisan anggota kepolisian.

Sempat terjadi debat antara tim kuasa hukum Habib Rizieq dan petugas Pengadilan Negeri Jakarta Timur terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Tim kuasa hukum Rizieq Shihab memprotes keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang membacakan nama-nama kuasa hukum yang diizinkan masuk ke dalam Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Tim kuasa hukum Rizieq Shihab meminta nama-nama kuasa hukum yang masuk ditentukan oleh pihak tim kuasa hukum. “Ada 12 oke, tapi kan yang menentukan saya, ya ampun ini,” kata perwakilan kuasa hukum Rizieq Shihab, Sugito, kepada perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Baca Juga:  Apartemen Emerald Bintaro Diserahterimakan

Perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, AA Ayu Chomalea Dewi, kemudian tetap membacakan nama-nama kuasa hukum yang diizinkan masuk. Pembacaan nama-nama kuasa hukum Rizieq Shihab kemudian tetap diprotes.

“Saya ketuanya, saya malah enggak tahu siapa diizinkan masuk. Makanya ini jadi berantakan. Makanya cek setelah Munarman, siapa. Bukan berdasarkan urutan. Bu, Bu, sini,” ujar Sugito.

Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya kemudian maju ke depan tim kuasa hukum. Ia meminta anggotanya untuk melakukan penjagaan.

Jurnalis tidak diperkenankan masuk ke area pengadilan. Bila sebelumnya sidang dapat dipantau melalui kanal YouTube PN Jakarta Timur, saat ini tidak muncul siaran langsung apa pun dari kanal YouTube itu.

Habib Rizieq didakwa terkait kerumunan di Petamburan dalam acara Maulid Nabi serta pernikahan putrinya. Dalam dakwaan, jaksa menyinggung soal kedatangan Habib Rizieq yang disambut massa di bandara.

Sementara itu, dalam eksepsinya Habib Rizieq Syihab mengatakan terjadinya kerumunan penjemput pada saat kedatangannya di di Bandara Soekarno Hatta pada 10 November 2020 karena ada ya seruan dari Menko Polhukam Mahfud MD.

Baca Juga:  Terkini, Jumlah Pasien Positif Covid 19 Menjadi 9096 Orang

Dalam acara siaran langsung di televisi Mahfud membolehkan siapa pun untuk datang ke Bandara Soekarno Hatta menjemputnya.

“Ledakan jumlah massa penjemput di Bandara adalah akibat dari pengumuman kepulangan saya dari Saudi yang diumumkan langsung oleh Menko Polhukam Mahfud MD di semua media TV nasional sambil mempersilakan massa datang untuk menjemput. Kerumunan Bandara jauh lebih besar dibandingkan dengan kerumunan Maulid di Petamburan,” ujar Rizieq dalam eksepsinya, yang dibacakan dalam sidang Jumat, 26 Maret 2021.

Acara yang digelarnya di Petamburan saat itu lebih memperhatikan soal protokol kesehatan, ketimbang kumpulan massa di Bandara Soetta.

“Dari segi jumlah massa dalam kerumunan Bandara mencapai jutaan orang, sedang jumlah massa dalam kerumunan Maulid di Petamburan hanya beberapa ribu saja. Dan dari segi prokes, maka kerumunan Bandara sama sekali tidak ikut prokes, sedang kerumunan Maulid di Petamburan mengikuti prokes walau tanpa di sengaja ada terjadi pelanggaran,” ucap Habib Rizieq.

Namun, ia didakwa untuk kasus di Petamburan. Habib Rizieq mengaku heran kenapa justru dirinya yang seolah-olah bersalah dalam perkara ini. Padahal seharusnya Mahfud MD yang harusnya bertanggung jawab atas kerumunan itu.

Baca Juga:  Restoran McDonald Sarinah Berhenti Beroperasi

“Anehnya, kerumunan Bandara yang tanpa prokes tidak pernah diproses hukum, dan Menko Polhukam RI Mahfud MD yang mengumumkan dan mempersilakan massa untuk datang ke Bandara, tidak dituduh sebagai penghasut kerumunan,” tegas Rizieq.

Alih-alih menghukum Mahfud atas seruannya, Rizieq menyebut tuduhan justru diarahkan padanya dan acara maulid yang digelarnya di Petamburan. Ia bahkan menuding aparat hukum telah melakukan mufakat jahat dengan menudingkan perihal yang menurutnya tidak beralasan itu.

“Berbeda dengan kerumunan Maulid di Petamburan yang sudah mengikuti prokes dan jumlah massanya tidak sebanyak kerumunan Bandara justru kepolisian dan kejaksaan sangat heroik memprosesnya, sehingga saya dan panitia dituduh sebagai penghasut kerumunan serta dijerat dengan pasal hasutan,” kata Rizieq.

“Disinilah kepolisian dan kejaksaan telah melakukan mufakat jahat dalam menyamakan ‘undangan maulid nabi Muhammad SAW’ dengan ‘hasutan melakukan kejahatan’,” lanjut dia.

Habib Rizieq meminta kepada pihak Kepolisian dan Kejaksaan untuk segera bertaubat karena sudah menuduhnya sedemikian rupa.

“Demi Allah saya bersumpah bahwasanya hanya manusia tidak beragama atau antiagama yang memfitnah undangan ibadah sebagai hasutan kejahatan. Karenanya, melalui sidang ini saya serukan kepada kepolisian dan kejaksaan; segeralah taubat kepada Allah SWT sebelum kalian kena azab Allah SWT,” katanya. DBS/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan