PB HMI- PB HMI MPO Tegaskan Tidak Terkait Demo Terhadap Anies

  • Bagikan
demo hmi mpo
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) dan PB HMI Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) menegaskan mereka tidak memiiki keterkaitan dengan aksi demo sekelompok orang yang mengaku PB HMI MPO Cabang Jakarta terhadap Anies Baswedan, Selasa, 6 April 2021.

Sejumlah orang ini membawa atribut HMI menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditangkap KPK.

DomaiNesia

“PB HMI tidak ada hubungan dengan aksi tersebut,” ujar Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama sebagaimana , dilansir dari detikcom, Selasa, 6 April 2021 malam.
Raihan yang baru saja terpilih dalam Kongres HMI ke-XXXI di Surabaya baru-baru ini tak mau berkomentar banyak karena yang melakukannya bukan oragnisasi yang dipimpinnya.

HMI MPO merupakan organisasi yang didirikan para anggota/pengurus HMI yang menolak diberlakukannya azas tunggal Pancasila yang diberlakukan rezim Soeharto. Mereka keluar dari HMI karena HMI menerima azas tunggal.
Setelah Soeharto tumbang, HMI dan HMI MPO tetap jalan sendiri-sendiri meski punya asas sama, yakni Islam.

Baca Juga:  Acara di Petamburan Bukan Pidana

Hal senada juga diungkapkan Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail. Dia membantah aksi itu atas nama oraganisasinya. Pimpinan PB HMI MPO tidak ada yang menggelar aksi itu.

“Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut,” katanya.
Namun, dia tidak menampik bahwa yang melakukannya itu kader-kader HMI MPO.
Menurut dia, radisi HMI MPO adalah gerakan secara nasional yang dilakukan secara masif oleh seluruh cabang HMI MPO se-Indonesia. Gerakan ini biasanya merespons isu nasional atau global dan terlaksana atas dasar instruksi atau kebijakan Pengurus Besar HMI MPO.

Baca Juga:  Butuh Foto - Video Kualitas Tinggi? Canon Hadirkan EOS M200.

Di sisi lain, ia tak membantah ada isu lokal di daerah yang bisa direspons langsung oleh setiap cabang masing-masing daerah kabupaten/kota.

Ia tak menampik gerakan untuk kasus-kasus di daerah idealnya tetap berkoordinasi dengan PB HMI. Tetapi itu bukan sebuah keharusan.

Berbeda dengan Affandi, Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh mengakui aksi tersebut ilakukan pihaknya. Menurut Irfan, aksi ini dilakukan karena diduga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan kepengurusannya banyak memiliki kasus korupsi. Salah satunya, berkaitan dengan rumah DP 0 rupiah.

“Hari ini kawan-kawan HMI, majelis penyelamat organisasi (MPO) se-cabang Jakarta mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota untuk mendesak KPK agar segera tangkap Anies,” kata Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh, Selasa, 6 April 2021. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan