Sosiolog Aried Munandar: HRS Memang Kharismatik

  • Bagikan
Screenshot 20210421 224214 1
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Berbagai perkembangan terakhir tentang Habib Rizieq Shihab sepeti menyelesaikan progaram doktor saat di penjara, kunjungan ulama KH Thoifur Mawardi saat sidang Habib Rizirq di Pengadilan Negeri Jaktim, yang disebut-sebut waliyullah, mendapat respon positif sosiolog Arief Munandar.

“Betapa pun orang mencoba untuk menempelkan label negatif kepada Habib Rizieq Shihab, bahasa dia yang keras, lugas dalam ceramah, yang kadang-kadang dituduh menghujat kelompok-kelompok tertentu, tapi kita tidak bisa menafikan bahwa Habib Rizieq Shihab ini memang kharismatik,” ujar Arief kanal YouTube Bang Arief.

DomaiNesia

Menurut Arief, fenomena itu menunjukkan Habib Rizieq bukan kharismatik, juga sosok yang dikagumi berbagai lapisan masyarakat, temasuk tokoh yang siebut waluyullah.

Baca Juga:  DKI Jaya Raih TPID Awards 2019

“Yang hormat kepada beliau bukan cuma masyarakat muslim awam, tapi sesama pemuka agama, sesama ulama pun menunjukkan rasa hormat itu. Contohnya salah satunya ini, Syekh Thoifur Mawardi yang jauh-jauh datang untuk hadir di sidang Habib Rizieq Shihab,” tutur Arief Munandar melanjutkan.

Menurut Arief, berbagai hal positif tersebut membuat pihak-pihak yang tak menyukai eks pentolan FPI itu makin ketar-ketir.

Sosok pemimpin informal seperti Habib Rizieq memiliki kemampuan yang dahsyat dalam membangun kesatuan dan solidaritas masyarakat.

Sosok-sosok pemimpin informal seperti HRS ini, tegasnya, hanya bisa dihadapi dengan dua cara, yakni diajak kompromi atau dihancurkan dengan segala cara.

“Bisa dipahami juga kalau terhadap orang-orang seperti Habib Rizieq Shihab biasanya alternatifnya dua. Kalau bisa diajak kompromi ya akan diajak masuk, kalau nggak akan dicoba dihancurkan dengan segala cara,” katanya menerangkan.

Baca Juga:  Kritis, Kondisi Tiga Polisi Kawal Demo

Sosok seperti HRS ini memang akan senantiasa menjadi batu sandungan bagi kelompok-kelompok yang berseberangan atau berbeda paham dengan dirinya. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan