Sidang HRS, Kuasa Hukum Pertanyakan Acara Pernikahan Artis yang Dihadiri Jokowi\

  • Bagikan
Sidang Habib Rizieq di PN Jaktim, Selasa, 30 Maret 2021
Sidang Habib Rizieq Shihab di PN Jaktim, Selasa, 30 Maret 2021
Cloud Hosting Indonesia

Sejumlah saksi dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) antara lain Wagub DKI A Riza Patria, dan Kepala Dinas Kesehatan DKI, Widiastuti.

Dalam persidangan, Widiasuti dicecar Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab terkait pandemi, termasuk pernikahan artis yang dihadiri Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

DomaiNesia

Kuasa hukum HRS bertanya apakah sebelumnya Widyastuti pernah menjadi saksi dalam persidangan kasus kerumunan di masa pandemi COVID-19 yang pernah terjadi di DKI Jakarta.

“Apakah ibu pernah jadi saksi dalam kasus COVID-19?” tanya salah seorang kuasa hukum Habib Rizieq.

“Tidak,” jawab Widiastuti.

“Baru kali ini?” tanya kuasa hukum lagi

“Baru kali ini,” jawab Widiastuti..

Kuasa hukum Habib Rizieq kemudian bertanya mengenai acara pernikahan artis yang dihadiri Presiden Jokowi belum lama ini.

Baca Juga:  Duka Iringi Pelepasan Jenazah Mulyadi P Tamsir

“Apakah ibu pernah dengar bahwa ada penyelenggaraan perkawinan yang dilakukan artis, yang kemudian juga dihadirkan presiden kita bapak Jokowi, tahu ibu?” tanya kuasa hukum Habin Rizieq lagi.

“Dari media,” tutur Widiastuti.

“Ibu mengikuti pemberitaan bahwa mempelainya terpapar?” tanya kuasa hukum tersebut.

“Informasi dari media,” jawab Widiastuti.

Kuasa hukum Habib Rizieq juga bertanya apakah ada atau tidak pembahasan mengenai kasus tersebut bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta. Ia pun menyebut tak pernah ada pembahasan.

Sebelumnya, terkait perkara ini, sejumlah saksi juga dihadirkan jaksa penuntut umum seperti eks Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara hingga mantan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto.

Baca Juga:  Sambut Hari Pers Nasional 2021 , Datascrip Berikan Layanan Khusus

Dalam kasus kerumunan Petamburan ini Habib Rizieq didakwa melakukan penghasutan hingga menciptakan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Saat itu, ada acara pernikahan putri Habib Rizieq dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selain Habib Rizieq, ada lima terdakwa lain di kasus ini yakni eks Ketum FPI, Ahmad Shabri Lubis, Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Para terdakwa didakwa melakukan penghasutan sehingga menimbulkan kerumunan di Petamburan yang dianggap melanggar aturan mengenai pandemi virus Corona (COVID-19). Penghasutan ini disebut terjadi pada saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selain kasus Petamburan, Habib Rizieq juga menjalani sidang dua perkara lainnya yakni kasus Prokes di Megamendung, Bogor, dan prokes di RS UMMI.

Baca Juga:  Ekonom - Pengkiritk Harus Terima Tantangan Luhut

Dalam kasus Megamendung, lima orang saksi dihadirkan JPU yakni dr Ramli Randan selaku Kepala Puskesmas di Kecamatan Megamendung; Dadang Sudiana selaku petugas Bhabinkamtibmas; dr. HA Sihabudin; Sundoyo SH selaku Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenkes; Adang Mulyana kepala Seksi Survilence dan Imunisasi Dinkes Pemkab Bogor.

Sidang lanjutan tiga perkara dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, ditunda pada Kamis, 29 April 2021 dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli dari jaksa penuntut umum. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan