KBRI Hongaria Berbagi Kegembiraan dengan Warga Indonesia

  • Bagikan
Bukber Online1
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS.COM–”Terima kasih banyak atas kiriman opor, rendang dan ketupatnya,” demikian ucapan dari para mahasiswa/pelajar dan masyarakat Indonesia di Hongaria, ketika menerima bingkisan Lebaran yang dikirimkan oleh tim KBRI Budapest. ”Walaupun jauh dari tanah air, suasana lebaran dan rasa kekeluargaan masih dapat kami rasakan”, lanjut mereka terharu bercampur gembira.

Dubes RI untuk Hongaria, Abdurachman Hudiono Dimas Wahab, mengatakan mengingat situasi pandemi corona, halal bi halal tetap dilakukan secara virtual.

DomaiNesia

”Untuk Lebaran tahun ini, sama seperti tahun sebel umnya. Pemerintah Hongaria masih memberlakukan pembatasan pergerakan sehingga kita belum dapat mengadakan kegiatan shalat Ied dan halal bi-halal bersama seluruh masyarakat di Hongaria,” kata Dubes R, Abdurachman Hudiono Dimas Wahab, ” saat buka bersama online di di Budapest beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Survei Imogen: Media Harus Bertransformasi untuk Bertahan di Era New Normal

Meskipun demikian, kebahagiaan Idul Fitri tetap dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia di Hongaria. Seminggu sebelum hari raya, KBRI Budapest mengirimkan paket kue-kue lebaran kepada masyarakat/mahasiswa/pelajar di berbagai kota dan daerah di Hongaria.
Kegiatan ini disandingkan dengan sosialiasi portal peduli serta safe travel. Sedangkan bingkisan opor , rendang, dan ketupat lebaran didistribusikan tepat pada hari Raya Idul Fitri untuk mahasiswa/pelajar/masyarakat di Budapest yang dipusatkan di tiga lokasi yang telah disepakati bersama.

Selama bulan Ramadhan, KBRI Budapest aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, walaupun dilaksanakan secara daring. Setiap akhir pekan bersama-sama dengan PPI Hongaria mengadakan kegiatan bukber online atau buka puasa bersama secara daring yang diawali ceramah dengan topik-topik yang menarik.

Baca Juga:  Selected Random Sampling, benarkah ?

Di akhir acara ketika sudah waktunya berbuka, setiap partisipan dipersilahkan mempresentasikan menu buka puasanya. Bagi menu iftar yang menarik diberikan hadiah berupa voucher belanja. Bagi penanya terbaik juga mendapatkan hadiah yang sama.

Selain itu bersama-sama dengan Perwakilan Indonesia di negara-negara Eropa Tengah dan Timur setiap akhir pekan juga mengadakan Ceramah Ramadhan dengan pembicara kondang dari tanah air maupun luar negeri.

Mereka antara lain Dr. Nasaruddin Umar, M.A (Imam Besar Masjid Istiqlal-Jakarta), Dr. Muhammad Shamsi Ali, L.c., M.A (Imam Masjid di New York), Dr. Muhammad Hasbi Zaenal, (Kepala Pusat Kajian Strategis BAZNAS) dan Bunda Devi, pengisi acara Cahaya Qalbu di TVRI. REL/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan