Di Tengah Pandemi, Warga Tetap Jalankan Salat Idul Fitri

  • Bagikan
alazhar1
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Sebagian warga DKI Jakarta melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H di mesjid, dan lapangan sekitar masjid. Salat umumnya digelar pukul 07.00, Kamis, 13 Mei 2021. Jamaah memakai masker, dan sebagian besar menjaga jarak sebagaimana protokol kesehatan. Cuci tangan dan hand sanitizer juga disediakan.

Di Masjid Al Ikhlas, Salemba Tengah I, salat dilaksanakan di dalam dan di luar masjid. Jalan-jalan gang di sekitar masjid dipasang karpet untuk jamaah. Demikian pula di pertigaan jalan Salemba Tengah dan Jalan Paseban, Jakarta Pusat, digelar salat Idul Fitri yang diikuti jamaah dengan khidmat.

DomaiNesia

Pertigaan jalan yang juga berdiri masjid Ar Rahmah ini memang secara rutin menjadi tempat salat Idul Fitri dan Idul Adha.
Sementara itu, Masjid Istqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara justru tak menggelar salat Idul Fitri.

Baca Juga:  Habib Rizieq Shihab Datangi Polda Metro Jaya

Tidak diadakannya salat Id tersebut tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, beberapa masjid tetap melaksanakan salat Id dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Selain Masjid Al Ikhlas, Masjid Ar Rahmah, beberapa masjid di Jakarta juga menggelar salat Id antara lain Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Masjid At-Tin TMII, dan . Masjid Al-Fauz Jakarta Pusat
.
Masjid- Masjid ini umumnya melakukan pembatasan jamaah sekitar 50 persen dari kondisi normal. Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, membatasi jumlah sebanyak 2.000 orang.

Di Masjid Al Azhar Jakarta Selatan, salat Id diikuti ribuan jamaah. Mereka memenuhi halaman masjid dengan mengikuti protokol kesehatan.
Di Cirebon, Jabar, Pemkot Cirebon menggelar shalat Idul Fitri 1442 H/2021 M di halaman masjid raya At Taqwa dan alun-alun Kejaksan Menempati halaman masjid dan bersambung ke alun-alun Kejaksan yang memang letaknya berdampingan.

Baca Juga:  Larangan Plastik Sampak Tak Selesaikan Masalah Sampah dan Lingkungan

Wali kota Cirebon, Nashrudin Azis, menyatakan kegiatan apa pun selama menerapkan prokes tidak dipermasalahkan. “Bukan soal salat ied atau pun ibadah-ibadah lainnya, yang terpenting apakah kegiatan yang dilaksanakan tersebut melanggar prokes atau tidak,” tegas Wali Kota Cirebon.

Pada Idul Fitri tahun ini Presiden Jokowi bersama keluarga melaksanakan salat Id di halaman Istana Bogor dengan dikawal Paspampres, sementara Wapres Makruf Amin dan sejumlah pejabat negara mengadakan salat Id di rumah. DBS/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan