Ratusan Pegawai Minta Tunda Pelantikan ASN Baru

  • Bagikan
asn kpk
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS.COM–Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) resmi dilantik sebagai ASN, Senin, 1 Juni 2021.
Pelantikan yang berlangsung diantengah polemik tentang hasil tes THK imi digear secara secara daring dan luring . Pelantikan secara luring diikuti 53 ASN di Gedung KPK.

“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk diangkat sebagai pegawai negeri sipil akan taat pada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” bunyi sumpah para pegawai KPK yang dibacakan Firli dan diikuti peserta .

DomaiNesia

Selain mengambil sumpah jabatan, Ketua KPK Firli Bahuri juga melantik Karyoto sebagai Deputi Bidang Penindakan, Muhammad Hadiana sebagai Deputi Bidang Informasi dan Data, serta Wawan Wadiana sebagai Plt Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat.

Baca Juga:  Kasus Nurhadi, Pendeta James Palk.Diperiksa sebagai Saksi

Pelantikan ini berlangsung di tengah polemik yang terjadi tentang pegawai KPK yang tak lolos TWK. Sebanyak 51 orang pegawai KPK dinyatakan akan diberhentikan, sementara 24 lainnya akan menerima pembinaan.

“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk diangkat sebagai pegawai negeri sipil akan taat pada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas,” ucap Firli .

Turut hadir menyaksikan pelantikan Pegawai KPK menjadi ASN antara lain Dewan Pengawas KPK, Kepala Badan Kepegawaian Negara, perwakilan Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian PANRB.

Beberapa orang pejabat komisi antirasuah yang dilantik menjadi pegawai negeri sipil adalah Cahya Harefa Sekretaris Jenderal, dan Pahala Nainggolan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring.

Baca Juga:  Kedubes Peru di Indonesia Akan Sajikan “Peru Cultura” 2019

Pelantikan Pegawai KPK menjadi ASN berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK.

Kemudian, Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK Menjadi Pegawai ASN, serta Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai ASN.

Sebelumnya, sekitar 700an Pegawai KPK yang memenuhi syarat Tes Wawasan Kebangsaan, meminta Pimpinan KPK menunda pelantikan.

Ratusan Pegawai KPK itu meminta Komisioner KPK lebih dulu menyelesaikan masalah dalam proses peralihan status.

Mereka juga keberatan dengan rencana Pimpinan KPK memberhentikan 51 orang pegawai yang dinilai tidak memenuhi syarat, per tanggal 1 November 2021. DAG/ S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan