Dua Kali Raih Penghargaan Transportasi Internasional, Anies Terima Banyak Respon

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Untuk kedua kalinya DKI Jakarta meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan.
Jika tahun lalu DKI.menduduki peringkat kedua, tahun ini naik ke peringkat ke satu.

Penghargaan diberikan oleh The Institute for Transportation Development Policy (ITDP) yang berbasis New York, Amerika Serikat.

DomaiNesia

Kota pemenang STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional MOBILIZE 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28, dan 30 Oktober 2020. Lalu

Dengan penghargaan ini Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar ‘Honorable Mention.

Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moskow, San Francisco dan Sao Paulo.

Baca Juga:  Lahan Markaz Syariah Dibeli, Bukan Hasil Merampas

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diraih Jakarta sebagai pengakuan dunia terhadap inovasi transportasi massal di ibu kota.

“Alhamdulillah Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021,” kata Anies dalam keterangannya, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Anies Baswedan bangga dengan pencapaian DKI Jakarta ini.

“Ini adalah pengingat kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin,” katanya.

Dalam setahun terakhir, kata Anies, jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD, dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Di antaranya, perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

Baca Juga:  BMKG: Banjiir Jabodetabek Karena Hujan Esktrem

“STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC,” ucap Anies.
Berbagai Respon

Penghargaan ini mendapat sejumlah reapon. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan Pemerintah DKI memang layak memperoleh penghargaan STA 2021. Hal.ini karena pembangunan transportasi di Ibu Kota telah dilakukan secara serius dan menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan setiap tahunnya.

Menurut Gembong, keberhasilan Pemerintah DKI menyabet penghargaan tersebut tidak lepas dari pembangunan sejumlah transportasi publik yang telah digagas sejak lama seperti MRT, Transjakarta dan sebentar lagi akan dihidupkan LRT Jabodetabek.

Baca Juga:  PSBB DKI Jakarta Diperpanjang

“Semua moda transportasi itu memang sudah mengarah ke sistem yang terintegrasi,” ujarnya.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan tak ragu memberikan ucapan selamat kepada Anies. I menuliskan hal itu dalam akun twitternya.

Menurut Hinca, hal ini menjadi bukti bahwa integrasi antarmoda transportasi publik cukup baik. Selain itu, penghargaan ini mengingatkan bahwa Jakarta masih cocok menjadi Ibu Kota.

“Selamat untuk ibukota. Selamat juga untuk Pemprov DKI yang dipimpin oleh Pak Anies. Prestasi ini bisa jadi pengingat utk kita juga, bahwa Jakarta masih sangat layak jadi episentrum negara ini tuk seterusnya,” kata Hinca dalam akun Twitter-nya @hincapandjaitan yang dikutip VIVA pada Senin, 2 November 2020.

Menurut dia, penghargaan internasional ini membuat Jakarta masih jadi pusat pemerintahan negara. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan