Pukau Sekjen PBB, Ini Isi Pidato Anies Baswedan

  • Bagikan
Screenshot 20210419 221533 1
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS–Beberapa hari ini jagat maya dipenuhi dengan berita penampilan Gubernur DKI dalam forum virtual bertajuk “Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations”, yang digelar pada Jumat, 16 April, malam.

Tak hanya Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres yang terpukau, berbagai pujian juga diungkapkan para pengamat dan netizen. Tak kurang pujian pun datang dari David Miller, mantan wali kota Toronto dan mantan Ketua Jejaring C40 . Miller mengatakan Anies mampu mempengaruhi PBB dalam waktu 2 menit.

DomaiNesia

Anies mendapat pujian dari Antonio Guterres. Tak hanya itu, usai Anies berpidato, Antonio Guterres menyatakan setuju dengan usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait upaya bersama kota-kota di dunia untuk mencegah dampak perubahan iklim di dunia.

Menurut Antonio, dua hal yang diusulkan Anies sangat mungkin dikerjakan oleh PBB, sehingga dukungan ini bukan sekadar wacana, melainkan dapat diterjemahkan ke dalam program-program dari tingkat pusat hingga lokal.

“Apabila saya boleh menanggapi, saya hanya ingin menyampaikan bahwa kami sepenuhnya siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda (Anies) usulkan kepada kami,” ujar Antonio Guterres.

Pujian juga disampaikan David Miller, mantan wali kota Toronto dan mantan Ketua Jejaring C40. “Gubernur Baswedan, Anda telah berhasil memengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit,” tandas David Miller.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim. C40 Cities bertujuan untuk masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global.

Baca Juga:  Pilpres, 95 Persen WNI Beri Suara

Ketua C40 saat ini adalah Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti. Michael R. Bloomberg yang pernah menjabat sebagai Wali Kota New York selama 3 periode berperan sebagai Dewan Presiden C40. Anies terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo Yuriko Koike.

Pujian juga datang dari pengamat Rocky Gerung. Rocky Gerung menyampaikan pandangannya melalui Youtube Rocky Gerung Official berjudul “MAU JADI CAPRES 2024, SILAKAN DEBAT LAWAN ANIES BASWEDAN”.

Menurut Rocky, hal ini biasa karena Anies memang selalu mampu merumuskan pemecahan masalah dalam narasi yang baik. Jika Presiden Jokowi yang berpidato seperti ini maka akan ia puji.

“Buat saya itu biasa aja, karena Anies selalu mampu untuk merumuskan problem di dalam narasi yang bagus,” ucap Rocky.

“Jadi saya gak puji Anies, saya puji kalau yang ngomong tuh presiden, itu baru luar biasa, karena presiden selama ini gak pernah ngomong,” ujar Rocky sambil tertawa.

Menurut Rocky, Anies telah melakukan hal penting dalam pidato tersebut. “Tapi kelihatannya memang kita musti kembali pada tradisi untuk menghargai konsep gitu, kita harus kembali pada kemampuan kita untuk mensugestikan dunia bahwa kita punya ide gitu, dan Anies lakukan itu,” Rocky menjelaskan.

Anies telah membicarakan soal masalah lingkungan di mana istana tidak pernah melihat masalah ini.
“Dia pasti do speak environmental ext (membicarakan soal lingkungan) hal yang buta huruf di istana. Istana negara terkesan seperti menghindar dan memindahkan masalah ini, ” kata Rocky.

Baca Juga:  Pertemuan Tahunan Saintis Interasional Digelar

“Jadi kalau kita bicara tentang kota dan lingkungan, mungkin istana akan bilang ‘prosedurnya gampang, pindahin aja ibu kota’, jadi menghindar dari problem lalu memindahkan problem ke Kalimantan itu,” tandasnya.

Rocky menilai bahwa hal ini yang akan diketawai oleh Sekjen PBB. “Itu yang akan diketawain oleh Sekjen PBB kalau seandainya pak presiden bilang (hal) itu,” imbuhnya.

Rocky juga membayangkan jika presiden (Jokowi) ikut dalam pembicaraan ini, presiden akan berkata “Ibu kota kotor itu gampang Pak Sekjen PBB, saya sudah siapkan ibu kota baru”. Jjadi , menruut Rocky, Jokowi terkesan meninggalkan masalah dan membuat masalah baru.

Menurut Rocky, Anies melakukan hal sebaliknya dari Jokowi. “Tapi Anies lakukan hal yang sebaliknya, bahwa dia (Anies) ingin selesaikan (masalah) di Jakarta itu, kan itu bedanya,” katanya.

Rocky menila pidato Anies pasti tidak disampaikan ke presiden dan kalaupun disampaikan pastinya sudah diubah.“Tapi saya kira pembicaraan tadi malam (pidato Anies) itu pasti gak disampaikan oleh para buzzer pada presiden, dan kalaupun disampaikan pasti diedit (diubah),” Rocky.

Isi Pidato
Berikut ini adalah isi lengkap pidato Gubernur Anies dalam forum virtual C40 Cities tersebut.

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, selamat pagi semuanya.

Yang terhormat Sekretaris Jenderal PBB, Pak Antonio Guterres. Para sesama Gubernur dan Wali Kota, para hadirin sekalian.

Pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi para warga kotanya. Hal ini termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim dengan melakukan upaya untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota-kota.

Baca Juga:  Gandeng artis Chelsea Islan, Centrair Tawarkan Destinasi Wisata di Nagoya

Kota-kota secara global telah melakukannya dengan berkomitmen dan mengalokasikan sumebr daya untuk membuat rencana aksi iklim dan melakukan implementasi aksi ikli dalam strategi transportasi, tata bangunan, dan mempromosikan energi bersih, dan banyak lagi.

Jadi, para hadirin sekalian, kota-kota di dunia melakukan langkah-langkah terobosan yang berani. Demikian halnya dengan Jakarta. Jakarta telah berkomitmen untuk menjadi kota berketahanan iklim.

Saat ini, Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan yang berorientasi kepada mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit.

Jakarta memimpin dalam aksi transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan. Dan kami ingin melanjutkan lebih jauh. Jadi, pada kesempatan ini, para hadirin sekalian, izinkan saya untuk mengutarakan beberapa bantuan yang dibutuhkan oleh kota-kota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. PBB memiliki peran yang besar untuk membantu kota-kota di dunia.

Pertama-tama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution dari aksi iklim. Kedua, dalam kapasitasnya, PBB mampu meminjamkan tangannya untuk mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Terakhir, dalam rangka menuju COP 26, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh oleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal. Terima kasih banyak. DBS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan