Dubes Sjachroedin Zainal Pagaralam Raih Penghargaan dari International Police Association

  • Bagikan
Dubes RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP menerima penghargaan dari International Police Association di KBEI Zagreb, Rabu, 23 Juni 2021. Foto: Dok KBRI Zagreb
Dubes RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP menerima penghargaan dari International Police Association di KBEI Zagreb, Rabu, 23 Juni 2021. Foto: Dok KBRI Zagreb
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS.COM–Duta Besar Indonesia untuk Korasia, Sjachroedin Zainal Pagaralam (ZP) menerima tanda kehormatan dari International Police Association (IPA). IPA merupakan organisasi terbesar di dunia untuk personil kepolisian yang beranggotakan lebih dari 360 ribu personil dari 72 negara

Penghargaan dari IPA diberikan kepada Sjachroedin ZP, mantan Gubernur Lampung dua periode, atas dedikasinya sebagai pensiunan polisi dalam mengemban tugas negara khususnya dalam diplomasi untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Kroasia.

DomaiNesia

IPA yang diwakili oleh Brigadir Jenderal Ladislav Bence menyerahkan tanda kehormatan kepada Sjachroedin ZP di Wisma Duta KBRI Zagreb, Kroasia, pada Rabu, 23 Juni 2021 lalu.

Dalam sambutannya, Brigjen Ladislav menyampaikan rasa bangga sebagai sesama anggota kepolisian atas kinerja Sjachroedin ZP dalam memperkuat kerja sama Indonesia dan Kroasia.

“Dubes Sjachroedin merupakan anggota kepolisian yang mencapai puncak karir yang tidak biasa dan patut menjadi teladan bagi anggota kepolisian lainnya,” kata Brigjen Ladislav.

Baca Juga:  KBRI dan PPLN Brunei Sediakan Transportasi Gratis Bagi WNI Saat Pemilu 2019

Selain telah mencapai puncak karir sebagai anggota kepolisian, Sjachroedin ZP juga pernah menjabat sebagai kepala daerah yakni Gubernur Lampung dua periode sebelum akhirnya diberikan amanah sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kroasia.

Sementara itu, Sjachroedin ZP menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari IPA tersebut. Menurutnya apa yang telah dikerjakannya selama ini adalah wujud dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kroasia.

Menjadikan Indonesia dikenal luas di Kroasia, dengan segala keungguan di berbagai bidang merupakan salah satu keinginan terbesar Sjachroedin. “Saya tak perlu dikenal, gak penting. Toh setelah habis tugas, saya kembali ke Indonesia. Yang penting negara saya, Indonesia, dikenal luas di Kroasia dengan berbagai keunggulannya,” kata Sjachroedin kepada Lampung Post, Senin, 28 Juni 2021.

Baca Juga:  Saat Wukuf di Arafah Turun Lebat

Pusat Budaya Indonesia di Kroasia kini berkembang pesat dengan berbagai kegiatan mulai dari Kelas Gamelan, Kelas Tari Indonesia, dan Kelas Bahasa Indonesia yang diikuti lebih dari 35 warga Kroasia.
Selama menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, banyak hal yang telah dilakukan Sjachroedin ZP, terutama dalam mempromosikan budaya Indonesia di Kroasia.

Sjachroedin ZP juga gencar mengenalkan budaya Indonesia melalui berbagai pertunjukan budaya, termasuk budaya Lampung. Produk-produk Indonesia juga mulai dikenal di Kroasia dengan banyaknya pameran dagang dan UMKM yang dilakukan. Kerja sama pendidikan juga menjadi hal yang tak luput untuk ditingkatkan dalam masa jabatannya.

Hingga tahun 2021, Universitas di Zagreb telah memiliki berbagai program kegiatan kerja sama dengan Universitas Lampung, Universitas Warmadewa Bali, dan baru-baru ini dengan Universitas Negeri Manado.

Baca Juga:  Raja Maroko Pimpin Pengembangan Pelatihan Kejuruan

Rycko Raih Penghargaan

Dalam kesempatan yang sama, Putra Duta Besar Indonesia untuk Korasia Sjachroedin ZP, Rycko Menoza juga diberikan tanda kehormatan dari International Police Association (IPA). Penghargaan tersebut juga diberikan langsung oleh Brigadir Jenderal Ladislav Bance.

Rycko Menoza menyampaikan terima kasih kepada IPA atas tanda kehormatan atau penghargaan yang telah diberikan tersebut.

“Bangga tentunya dan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan dari Kepolisian Kroasia kepada Duta Besar (Sjachroedin ZP) dan juga kepada saya. Menyambut Hari Bhayangkara RI ke-75, semoga hubungan yang selama ini terbina bisa terus berlanjut, khususnya kepada KBRI di Zagreb dengan Kepolisian Kroasia,”kata Rycko, Senin. 27 Juni 2021. HERS/S1

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *