Survei Median: 52 Persen Warga Jakarta Puas Kinerja Anies Baswedan

  • Bagikan
Anies BAswedan 4
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Sebagian besar warga DKI Jakarta ternyata pusa denan kineja Anies Baswedan. Survei terbaru dari Media mencatat , sebanyak 52,5 persen warga DKI puas, dan hanya 32,5 persen warga DKI yang tak puas dengan kinerja Anies Baswedan
Hal ini disampaikan Direktur Median, Ade Irfan dalam konferensi pers daring survei bertajuk ‘Persaingan Ketat Kursi Gubernur DKI Jakarta” pada Senin,15 Februari 2021.

Survei digelar pada 31 Januari-3 Februari 2021 dengan 400 responden warga DKI Jakarta yang sudah memiliki hak pilih. Pemilihan responden dilakukan melalui metode random dengan teknik Multistage Random Sampling dengan margin of eror 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Dari hasil survei itu, jelas Ade, responden yang menjawab puas dengan kinerja Anies Baswedan sebagai gubernur sebanyak 52,5 persen, tak puas 32,5 persen, sangat tidak puas 2,5 persen, tidak jawab 15 persen.

DomaiNesia

Survei menunjukkan keberhasilan Pemprov DKI Jakarta paling tinggi yakni penyaluran Bansos Covid-19 sebesar 7,8 persen, disusul meningkatnya pembangunan infrastruktur, transportasi yang rapi, penataan kota Jakarta hingga pendidikan gratis.

Baca Juga:  Gunung Tangkuban Perahu Erupsi Hingga 200 Meter

Di sisi lain, dari survei itu pula, ditemukan beberapa persoalan strategis yang menjadi kekurangan Pemprov DKI Jakarta belakangan ini. Persoalan ekonomi dan pengangguran menjadi sorotan paling tinggi dengan 8,0 persen, alu, berturut-turut responden menyoroti persoalan penanganan Covid sebesar 5,8 persen, banjir (5,3 persen), Bansos kurang merata (5 persen), kurang tegas (2,5 persen) hingga kurang tanggap (2,3 persen).

Menurut Ade, potensi Anies Baswedan untuk maju kembali dalam Pilgub DKI Jakarta berikutnya sangat besar. Sebanyak 48 persen dari 400 responden menyatakan Anies akan maju kembali di Pilkada DKI berikutnya.

“Menurut Anda apakah pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta mendatang sebaiknya Anies Baswedan maju kembali menjadi atau digantikan oleh tokoh lain saja? Responden menjawab maju kembali menjadi gubernur sebesar 48,0 persen, diganti tokoh lain saja 38,0 persen, dan menjawab tidak tahu 14,0 persen,” ucap Ade, Senin (15/2).

“38 persen responden menjawab Anies tak maju dan diganti dengan tokoh lain. Dan sisanya sebanyak 14 persen tak menjawab,” kata Ade.

Baca Juga:  IDE Dukung Edukasi Berbasis Digital

Potensi Anies kembali terpilih juga tercermin dari elektabilitas berdasarkan hasil survei Median. Elektabilitas Anies hadapi Pemilihan Gubernur Jakarta sebesar 42,5 persen.

“Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini siapakah yang akan anda pilih? 42,5 persen responden menjawab Anies Baswedan, 23,5 persen Tri Rismaharini,” ucap Ade.

Selain Anies dan Risma, kepada responden, Median juga menyodorkan 14 nama tokoh lainnya yaitu sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama, Abraham lunggana, Triwisaksana, Ady Wijaya, Prasetyo Edi Marsudi, Baim Wong, Rahmat Effendi, Mohammad Taufik, Khoirudin, Eko Patrio, Ahmad Riza Patria.

Median kemudian mengerucutkan 4 nama tokoh dengan elektabilitas tertinggi yaitu Anies Baswedan 42,5 persen, Tri Rismaharini 23,5 persen, Sandiaga Uno 5,5 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 3,5 persen.

Berdasarkan jawaban responden, elektabilitas Anies ditopang dari kinerja bagus sebesar 18,6 persen, religius / pro islam 11,9 persen, membawa perubahan 5,2 persen. Variabel lainnya adalah melanjutkan program, peduli dan dermawan, cerdas, ramah, banjir berkurang, bantuan merata, berpengalaman, programnya bagus, tata kota menarik, mampu memimpin, banyak penghargaan, visi dan misi bagus, adil dan disiplin, membangun infrastruktur, pekerja keras.

Baca Juga:  Hari Kesehatan Sedunia: Mari Berkomitmen Tetap Bugar

Relawan Jokowi
Terkait hasil survei tersebut, kelompok relawan Joko Widodo yang tergabung dalam Gerakan Nasional Rakyat Bersama Jokowi (GN RBJ) menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mampu membuat nyaman warga DKI dibanding era Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Koordinator GN RBJ, Adi Kurniawan, menilai Anies Baswedan terbukti bekerja dengan baik memimpin DKI Jakarta.

“Iya, beliau kerja kok. Buktinya mayoritas warga DKI tidak pernah gaduh sejak DKI dipimpin Anies. Beda dengan saat Ahok yang menjadi Gubernur,” ujar Adi sebagaimana dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Senin, 15 Februari 2021.

Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) ini juga menilai banyak warga DKI yang puas terhadap kinerja Anies.

“Artinya, Anies mampu membuat nyaman warga DKI. Soal tingkat kepuasan saya rasa banyak warga yang puas dikarenakan di era Anies rumah-rumah warga juga tidak ada yang digusur secara paksa, beda dengan era Ahok,”kata Adi. DBS/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan