Tembus Pasar Global, Belasan Startup Segera berangkat ke Amerika

  • Bagikan
1551255115120 Foto 3
Cloud Hosting Indonesia

JAKARTA––Belasan startup dan pelaku kreatif lainnya terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam rangkaian Archipelageek 2019 di Amerika.

Mereka siap menembus pasar global melalui Festival South by Southwest (SXSW) 2019 yang diselenggarakan di Austin, Texas pada 10-17 Maret 2019 dan Game Connection America (GCA) 2019 di San Fransisco, California, 18 – 21 Maret 2019.

DomaiNesia

“Kami ingin dengan keterlibatan dalam dua acara akbar ini, karya dan talenta para delegasi dapat memperoleh sambutan yang baik dan membuktikan kualitas produk ekonomi kreatif Indonesia mampu bersaing di kancah internasional,” ujar Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Ricky menjelaskan, pada tahun 2018, PDB Ekraf diestimasi telah mencapai lebih dari seribu triliun rupiah dan angka ini diperkirakan akan meningkat hingga di atas 1,2 ribu triliun rupiah pada 2019.

Baca Juga:  Polisi Bunuh Laskar FPI, Hapus CCTV, Komnas HAM Minta Kasus Dibawa ke Pengadilan

Sedangkan untuk total nilai ekspor ekraf di 2016 sekitar USD 20 miliar, dan diestimasi akan mencapai USD 21 miliar di tahun ini. Bekraf berharap dengan secara aktif memperkenalkan produk kreatif Indonesia di luar negeri, target tersebut dapat tercapai.

Sederet perusahaan rintisan atau startup yang akan diberangkatkan Bekraf dalam SXSW 2019 yakni Ars., MTarget, Nodeflux, TeleCTG, Noore Sport Hijab, Dicoding, Knok Percussion, program Hello Dangdut, dan musisi Dhira Bongs.

Selain itu, Bekraf juga akan memberangkatkan sejumlah pelaku kreatif dari sub-sektor Aplikasi & Game Developer ke ajang GCA 2019 bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI). GCA sendiri merupakan konvensi tahunan bagi para pelaku industri game dari berbagai penjuru dunia untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Baca Juga:  Laporan Harta Kekayaan, Nama-Nama KPK Segera Umumkan Nama Caleg

Deputi Akses Jaringan dan Permodalan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno menjelaskan bahwa GCA menjadi ajang bagi lebih dari 2.700 pengembang, penerbit, distributor serta penyedia jasa berkumpul untuk mendapatkan rekan bisnis baru. Hal ini menjadi sarana pengembangan bisnis paling efektif bagi industri game. SMA

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan