Survei: 90,6 Persen Responden Setuju Pancasila adalah Ideologi NKRI

  • Bagikan
pancasila
Cloud Hosting Indonesia

SRIBERNEWS– Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Indonesian Presidensial Studies (IPS) melakukan survei nasional terkait pandangan publik terhadap Pancasila. Hasilnya, ada sedikitnya dua kecenderungan pandangan publik terhadap Pancasila.

Dalam hasil survei disebutkan, ada sebanyak 90,6 responden yang setuju dan sangat setuju dengan pernyataan bahwa Pancasila adalah ideologi NKRI untuk menentukan identitas bangsa Indonesia. Kemudian ada 3,7 persen yang menyatakan tidak setuju dan sangat tidak setuju terkait pernyataan tersebut.

DomaiNesia

“Sebanyak 90,6 persen publik setuju dengan pernyataan Pancasila adalah ideologi NKRI,” kata Pakar Komunikasi UGM, Nyarwi Ahmad, dalam rilis survei pandangan publik terhadap Pancasila: Pancasila sebagai ideologi NKRI vs Pancasila sebagai ideologi untuk mewujudkan negara berbasis Islam, sebagaimana dilansir Beritasatu.com, Jumat 9 April 2021.

Baca Juga:  Gebrak Pasar Office Software, AZEC Indonesia- WPS Office Jalin Kerjasama Strategis

Terkait pernyataan bahwa Pancasila adalah ideologi untuk mewujudkan negara bangsa Indonesia yang religius berdasarkan agama mayoritas/Islam, ada sebanyak 63,5 responden yang setuju dan sangat setuju. Sedangkan sebanyak 26,8 persen menyatakan tidak setuju/sangat tidak setuju.

“Data yang muncul, masih ada 63,5 persen yang setuju pendapat Pancasila adalah ideologi untuk mewujudkan negara bangsa Indonesia yang religius berdasarkan agama mayoritas/Islam,” ujarnya.

Survei diselenggarakan di 34 provinsi pada 11-25 Maret 2021. Dilakukan dengan metode multi stage random sampling, metode pengumpulan data wawancara tatap muka dengan jumlah responden 1.200 orang dan margin of error sebesar 2,9 persen. POP/S2

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan