Manfaat Mengenal Diri Sendiri

  • Bagikan
sanah
Cloud Hosting Indonesia

Oleh

Nurhasanah. R Sudirman
Pemerhati Masalah Sosial/Peneliti CIDES

DomaiNesia

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mengetahui sifat Anda sendiri. Pertama, agar Anda tahu caranya menjadi bahagia. Kedua, mengelola dan memperkecil konflik bathin secara internal. Ketiga, Kontrol Diri, keempat resistensi terhadap tekanan sosial dan terlahir kelima, toleransi terhadap orang lain.

Pertama adalah menjadi pribadi yang bahagia. Bahagia dalam menjalani kehidupan adalah keinginan semua orang. Anda akan merasa lebih bahagia saat mampu mengekspresikan diri Anda karena dengan mengekspresikan keinginan Anda, akan membuat Anda lebih mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sederhana, tulislah apa yang ingin Anda ingin lakukan yang Anda yakini Anda sukai dan dapat lakukan.

Baca Juga:  Akankah Jokowi Pimpin PDIP Setelah Megawati?

Kedua, Mengenal diri sendiri berarti mengenali potensi konflik internal dalam bathin Anda. Saat kita mampu mengemali dan memperkecil potensi konflik yang ada dalam diri sendiri, tindakan Anda di luar diri Anda akan sesuai dengan perasaan dan nilai batin Anda. Konflik batin Anda akan berkurang sehingga keputusan yang Anda Ambil akan lebih baik.

Saat Anda mengenal diri sendiri, Anda dapat membuat pilihan yang lebih baik tentang segala hal, mulai dari keputusan kecil seperti sepatu atau baju yang akan Anda beli. Kebiasaan membuat keputusan kecil yang tepat akan membuat Anda percaya diri dan yakin akan keputusan besar. Seperti memilih pasangan hidup dan memilih jenis karir yang dapat menentukan jalan hidup Anda. Anda akan memiliki pedoman dan ukuran yang dapat diterapkan untuk memecahkan berbagai masalah kehidupan.

Baca Juga:  Kasus Kematian Ustad Maheer At Tuwalibi, Sebaiknya Kapolri Jend Pol Listyo Sigit Mengundurkan Diri

Kontrol diri adalah manfaat ketiga yang didapat saat Anda mengenal diri sendiri. Anda memahami apa yang memotivasi Anda untuk menolak kebiasaan buruk yang menggerogoti kualitas hidup Anda dan mengembangkan kebiasaan baik. Anda akan memiliki wawasan untuk mengetahui nilai dan tujuan mana yang mengaktifkan kemauan Anda. Nilai dan tujuan ini bisa didapat dari pemahaman religius Anda. Islam misalnya memiliki landasan lima pilar Islam dan enam pilar Iman yang menjadi dasar dan pengontrol pemeluknya menjalani tujuan hidup pemeluknya.

Keempat adalah resistensi terhadap tekanan sosial. Jika Anda berpijak pada nilai dan preferensi Anda, kecil kemungkinan Anda akan mengatakan “ya” saat ingin mengatakan “tidak”. Karena Anda mengenali karakter diri dan potensi internal konflik Anda, mengenal potensi ancaman dari eksternal Anda akan membuat Anda resisten dari konflik luar yang mungkin menekan Anda.

Baca Juga:  Meninggalnya Para Ulama

Terakhir adalah toleransi terhadap orang lain. Kesadaran Anda tentang kelemahan dan perjuangan Anda sendiri dapat membantu Anda berempati dengan orang lain. Memahami karakter orang lain dan tidak memaksakan faktor yang berlawanan dengan Anda menjadi konflik baru.

Demikianlah, beberapa manfaat mengenal diri sendiri. Tunggu apalagi, pelajarilah dan kenali diri Anda

DomaiNesia
OkeStore Theme
  • Bagikan